Efektifitas media Kata Bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan pada TK B pada Pelajaran Bahasa di TK Al Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Khusnul (2011) Efektifitas media Kata Bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan pada TK B pada Pelajaran Bahasa di TK Al Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khusnul Khotimah_B07207015.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa TK B mata pelajaran bahasa di TK Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa TK B Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya yang terdiri 2 kelas, masing-masing diambil 10 siswa, untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperemen. Dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen serta menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu suatu penelitian eksperimen yang mendekati bentuk true eksperimen dimana tidak terdapat kontrol atau manipulasi yang relevan pada semua variabel, melainkan hanya pada sebagian variabel. Serta menggunakan desain pretest-posttes control group design yaitu kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca siswa dan observasi. Sehingga hasil data dianalisis dengan menggunakan Uji 2 Related Samples pada program SPSS 16.0for windows. Dari analisis data dapat di peroleh probalitas nilai dari Zhitung adalah -2,680 pada taraf signifikasi (a) 5%, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis statistik diatas yang menyatakan ada perbedaan kemampuan membaca permulaan antara siswa kelompok kontrol yang di berikan media konvensional dan kelompok eksperimen yang di berikan media kata bergambar, diterima. Hal ini terbukti dari 10 siswa kelompok kontrol yang dibandingkan, rata-rata terdapat 9 sampai dengan 10 (keseluruhan) siswa kelompok kontrol kemampuan membacanya lebih rendah di banding kemampuan membaca siswa kelompok eksperimen. Sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan media kata bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa terbukti kebenarannya. Hal ini dapat di ketahui dari rata-rata siswa kelompok eksperimen yang memiliki kemampuan membaca lebih tinggi dibandingkan kemampuan membaca pada siswa kelompok control.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Khusnul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Media Kata Bergambar; kemampuan membaca permulaan; siswa TK B
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2018 05:06
Last Modified: 30 Jan 2018 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22133

Actions (login required)

View Item View Item