Pengaruh kreativitas verbal siswa TK Halimah Surabaya dengan penggunaan metode bermain

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muwachidah, Nur Asiyah Zuni (2009) Pengaruh kreativitas verbal siswa TK Halimah Surabaya dengan penggunaan metode bermain. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Asiyah Zuni Muwachidah_B07301372.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kreativitas verbal anak dengan penggunaan metode bermain. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan jenisnya adalah penelitian eksperimen, dimana dalam penelitian ini menggunakan quasi-eksperimental Design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah siswa TK Halimah Surabaya sebanyak 27 siswa clan diambil 10 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan menggunakan metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa sebanyak 2 siswa (20%) menunjukkan adanya kreativitas verbal dan siswa yang menunjukkan tidak adanya kreativitas verbal sebanyak 8 sisiwa (80%), dengan kreativitas verbal kelas sebesar 59%< 85% atau tidak adanya kreativitas verbal kelas. Sedangkan pada postes, sebanyak 3 siswa (30%) menunjukkan adanya kreativitas verbal dan sebanyak 7 siswa (70%) menunjukkan tidak adanya kreativitas verbal, namun kreativitas verbal kelas sebesar 88% > 85% menunjukkan adanya kreativitas verbal kelas. Hasil uji t, dimana nilai probabilitas 0.029 clan t hitung sebesar -2.589. Oleh karena t hitung bernilai negatif, maka penelitian ini dapat diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh kreativitas verbal dengan menggunakan metode bermain peran. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan kreativitas verbal siswa maupun kreativitas verbal kelas meskipun peningkatannya sangat kecil dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa TK Halimah. Sedangkan dari analisis data menyimpulkan tidak ada pengaruh kreativitas verbal siswa di TK Halimah Surabaya dengan menggunakan metode bermain. Dari hasil tersebut, maka disarankan kepada instansi pendidikan maupun orang tua untuk lebih memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kreativitas anak, sedangkan untuk peneliti selanjutnya yang berminat meneliti kreativitas disarankan menambah jumlah sampel dan menggunakan desain eksperimen yang memakai kelompok kontrol atau kelompok pembanding.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muwachidah, Nur Asiyah ZuniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Kreativitas verbal; Metode bermain peran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2018 02:55
Last Modified: 05 Feb 2018 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22175

Actions (login required)

View Item View Item