Health belief model pada penderita diabetes melitus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqi, Alfiatur (2018) Health belief model pada penderita diabetes melitus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Alfiatur Rizqi_B97213103.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi suatu proses bagaimana health belief model pada penderita diabetes melitus. Health belief model adalah model yang menggambarkan kepercayaan individu terhadap hidup sehat. Health belief model terdiri dari 5 dimensi, yaitu percheived susceptibility, percheived severity, percheived berriers, percheived benefits, and cues to actions. Penelitian ini mengggunakan 4 subjek penderita diabetes yang menjadi anggota rumah diabetes ubaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data dan analisis tematik untuk menganalisa data. Berdasarkan penelitian ini, dapat diketahui bahwa seluruh subjek merasa rentan mengalami keparahan ketika menderita diabetes, mereka juga merasa rentan terhadap suatu ancaman ketika diabetes tidak segera ditangani. Seluruh subjek merasakan manfaat ketika melakukan perilaku sehat, itu sebabnya keempat subjek mau melakukan perilaku sehat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqi, Alfiaturquw27_94@ymail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Psikologi
Perilaku
Keywords: Health belief model; Diabetes Mellitus; Preventive behavior
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Rizqi Alfiatur
Date Deposited: 05 Feb 2018 07:39
Last Modified: 05 Feb 2018 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22200

Actions (login required)

View Item View Item