Analisis kompetensi guru Matematika di MA Ma'arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Itba'ul (2012) Analisis kompetensi guru Matematika di MA Ma'arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Itba'ul Husna_D04207064.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru adalah salah satu unsur manusia dalam proses pendiclikan. Dalam proses pendidikan di sekolah, guru memegang tugas ganda yaitu sebagai pengajar dan pendidik. Sebagai pengajar guru bertugas menuangkan sejumlah bahan pelajaran ke dalam otak anak didik, sedangkan sebagai pendidik guru bertugas membimbing clan membina anak didik agar menjadi manusia susila yang cakap, aktif, kreatif, dan mandiri. Baik mengajar maupun mendidik merupakan tugas dan tanggung jawab guru sebagai tenaga profesional. Oleh sebab itu, tugas yang berat dari seorang guru ini pada dasarnya hanya dapat dilaksanakan oleh guru yang memiliki kompetensi yang tinggi. Berangkat dari fenomena tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan suatu penelitian terkait tentang bagaimana kompetensi guru matematika di MA Ma'arif 7 Banjaiwati Paciran Lamongan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan acuan standar kompetensi guru berdasarkan Undang-Undang Guru clan Dosen No. 14/2005 dan Peraturan Pemerintah No. 19/2005 yang meliputi, kompetensi kepribadian, pedagog}k, profesional, clan sosial. Ada beberapa metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode kuesioner, metode observasi, metode tes clan metode dokumentasi. Metode kuesiner cligunakan untulc mendapatkan data tentang kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian, metode observasi digunakan untuk meneliti kompetensi pedagogik, metode tes diakan untuk mendapat data seputar kompetensi profesional, dan metode dokumentasi berupa RPP yang digunakrui untuk mengecek kebenaran dengan realita pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya kompetensi sosial yang climiliki Pak S ialah cukup baik. Sedangkan kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional yang dimiliki Pak S ialah baik. Sehingga secara umum dapat penulis simpulkan bahwasanya kompetensi guru matematika di MA Ma'arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan ialah terpenuhi, dengan kata lain guru matematika di sekolah tersebut kompeten dalam bidangnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Itba'ulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Matematika
Potensi
Keywords: Kompetensi; guru; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2018 07:09
Last Modified: 05 Feb 2018 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22202

Actions (login required)

View Item View Item