Manfaat tumbuhan bagi manusia: studi sains atas surah 'Abasa 24-32

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Badi'atul (2018) Manfaat tumbuhan bagi manusia: studi sains atas surah 'Abasa 24-32. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Badi'atul Hikmah _E73214049.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang mutlak kebenarannya. Sehingga tidak ada satupun ilmu pengetahuan yang dapat membantah atas kebenaran al-Qur’an kecuali ilmu-ilmu pengetahuan tersebut sebagai jembatan untuk memahami kandungan ayat-ayat al-Qur’an seperti pada surah ‘Abasa 24-32 melalui penafsiran mufasir dan relevansi sains terhadap penafsiran tersebut. Dalam surah ‘Abasa 24-32 ini membicarakan tentang perhatian manusia terhadap makanannya sehingga Allah menurunkan hujan ke bumi dan menyerap ke tanah kemudian muncullah biji-bijian, yang mana biji-bijian itu akan tumbuh menjadi berbagai macam tumbuh-tumbuhan, dan semua itu adalah sebagai kesenangan, kenikmatan, kesederhanaan yang Allah swt ciptakan untuk dimanfaatkan oleh manusia. Penelitian pada kajian ini menggunakan penelitian kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research). Penjelasan skripsi ini arahnya pada mengetahui penafsiran para mufasir terkait surah ‘Abasa ayat 24-32 beserta relevansi sains terhadap manfaat tumbuhan dengan metode tahlili sebagai metode penelitian. Setelah dilakukan penelitian dari segi penafsiran para mufasir serta relevansi sainsnya terhadap surah ‘Abasa 24-32 dapat disimpulkan bahwa menurut para mufasir tumbuh-tumbuhan sebagai kelangsungan hidup manusia dan hewan ternaknya yang kaya manfaat. Seperti anggur, perasan anggur, sayur-sayuran, kurma, zaitun, buah-buahan, pepohonan yang rindang, serta rerumputan. Semua itu harus disyukuri oleh manusia. Kemudian dalam ilmu sains atau biologi tumbuh-tumbuhan merupakan kebutuhan pangan maupun kebutuhan lainnya yang dimanfaatkan oleh manusia. Zat yang terkandung dalam buah-buahan serta sayur-sayuran yang berupa vitamin, serat, mineral, gizi dapat membantu memperbaiki sel yang ada dalam tubuh manusia sehingga manusia tidak mudah terserang penyakit, sehat serta stamina dalam tubuh terjaga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Badi'atulbadiatul.hikmah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Al Qur'an
Keywords: Manfaat; Tumbuhan; Manusia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hikmah, Badi'atul.
Date Deposited: 08 Feb 2018 03:22
Last Modified: 08 Feb 2018 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22233

Actions (login required)

View Item View Item