Analisis Pembiayaan Berdasarkan Kepercayaan, Jaminan, dan Jumlah Simpanan Anggota dalam Meningkatkan Pendapatan di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muna, Khoiril (2018) Analisis Pembiayaan Berdasarkan Kepercayaan, Jaminan, dan Jumlah Simpanan Anggota dalam Meningkatkan Pendapatan di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoiril Muna_G04214015.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Skripsi yang berjudul “Analisis Pembiayaan Berdasarkan Kepercayaan, Jaminan, dan Jumlah Simpanan Anggota dalam Meningkatkan Pendapatan di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana pembiayaan berdasarkan kepercayaan, jaminan, dan jumlah simpanan anggota di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya dan bagaimana analisis pembiayaan berdasarkan kepercayaan, jaminan, dan jumlah simpanan anggota dalam meningkatkan pendapatan di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan cara observasi lapangan, dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu pengurus KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah pembiayaan berdasarkan kepercayaan, jaminan, dan jumlah simpanan anggota ini berdampak pada anggota yaitu sulitnya mendapatkan pencairan dana dari pihak KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera, karena ketatnya prosedur KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera dan tidak semata-mata untuk semua anggota yang mengajukan pembiayaan, dan berdampak positif pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera yaitu bisa mendapatakan anggota yang potensial, mengurangi atau meminimalisir risiko terjadinya pembiayaan bermasalah, serta dapat meningkatkan pendapatan koperasi. Dengan meningkatnya pendapatan KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya maka pihak KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera bisa mencapai tujuannya yaitu dapat memberdayakan umat, yang dimana anggotanya menjadi labih baik dari sebelumnya, baik dari segi usahanya maupun dari aktivitas ekonomi lainnya, serta peningkatan yang diperoleh dapat dikembangkan lagi untuk penyaluran pembiayaan yang lebih banyak untuk anggota yang membutuhkan dana atau pun modal.
Dari hasil penelitian di atas saran yang dapat diberikan adalah selain menerapkan pembiayaan berdasarkan kepercayaan, jaminan, dan jumlah simpanan anggota, diharapakan juga dapat memberikan jalan keluar atau kemudahan untuk para calon anggota pembiayaan yang belum layak untuk mendapatkan pemberian pembiayaan dana. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang memerlukan pencairan dana dan kewajiban pihak KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera menerapkan pemberian pembaiayaan berdasarkan kepercayaan, jaminan, dan jumlah simpanan anggota juga memiliki kewajiban untuk menyalurkan dana kepada masyarakat yang membutuhkan, serta lebih banyak lagi produk yang diatawarkan kepada anggota yang membutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muna, Khoirilkhoirilmuna96@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Kata Kunci: Pembiayaan, kepercayaan, Jaminan, dan jumlah simpanan anggota
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muna Khoiril
Date Deposited: 06 Feb 2018 04:23
Last Modified: 06 Feb 2018 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22247

Actions (login required)

View Item View Item