Pengaruh BI Rate dan Nisbah bagi hasil terhadap jumlah pembiayaan muḍarabah pada BNI Syariah tahun 2014-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Fauzatul Laily (2018) Pengaruh BI Rate dan Nisbah bagi hasil terhadap jumlah pembiayaan muḍarabah pada BNI Syariah tahun 2014-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fauzatul Laily Nisa_G74214091.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab masalah-masalah tentang: (1) Apakah BI rate dan nisbah bagi hasil berpengaruh secara simultan terhadap jumlahpembiayaan muḍārabahpada BNI Syariah; (2) Apakah BI rate dan nisbah bagi hasil berpengaruh secara parsial terhadap jumlah pembiayaan muḍārabahpada BNI Syariah; (3) Variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap jumlah pembiayaan muḍārabahpada BNI Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif dengan data penelitian berupa laporan keuangan BNI Syariah yang di dapat melalui internet research dimana data tersebut berupa data waktu beruntun (time series) dengan skala bulanan (monthly) dan didukung dengan literatur-literatur yang relevan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh secara simultan (bersama-sama) antara BI rate dan nisbah bagi hasil pembiayaan muḍārabah terhadap jumlah pembiayaan muḍārabah. Diketahui juga bahwa BI rate (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah pembiayaan muḍārabahdan bahwa nisbah bagi hasil pembiayaan muḍārabah (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah pembiayaan muḍārabah.Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel nisbah bagi hasil pembiayaan muḍārabah lebih dominan dalam mempengaruhi jumlah pembiayaan muḍārabah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa nisbah bagi hasil pembiayaan muḍārabahmempunyaidampak yang sangat penting dalam meningkatkanjumlah pembiayaan muḍārabah. Untuk itu hendaknyapihak ban BNI syariahdapat memberikan porsi nisbah yang sekiranya tidak memberatkan nasabah (muḍārib).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Fauzatul Lailylailynisa7@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Mudarabah
Ekonomi Islam
Keywords: BI rate; Nisbah bagi hasil pembiayaan muḍarabah; jumlah pembiayaan muḍarabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nisa Fauzatul Laily
Date Deposited: 06 Feb 2018 04:34
Last Modified: 06 Feb 2018 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22252

Actions (login required)

View Item View Item