Analisis kesesuaian pembiayaan murabahah pada fatwa DSN No. 04 tahun 2000 dalam meningkatkan pendapatan nasabah di Unit Jasa Keuangan Syariah (UJKS) Jabal Rahmah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Nurul (2017) Analisis kesesuaian pembiayaan murabahah pada fatwa DSN No. 04 tahun 2000 dalam meningkatkan pendapatan nasabah di Unit Jasa Keuangan Syariah (UJKS) Jabal Rahmah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Rahmawati_C74213136.pdf

Download (16MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang kesesuaian fatwa DSN No. 04 tahun 2000 pada pembiayaan murabahah di UJKS Jabal Rahmah Sidoarjo serta bagaimana peningkatan pendapatan pelaku usaha kecil menengah setelah menerima pembiayaan murabahah di UJKS Jabal Rahmah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Yakni menuturkan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data-data lalu di analisis secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara langsung dengan informan dalam penelitian ini, yaitu manager Ahmad Muzakki, bagian operasional Maya Puspita, bagian customer service Istikomah, serta beberapa nasabah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah yang dilakukan UJKS Jabal Rahmah Sidoarjo sebagian besar telah sesuai dengan fawa DSN No. 04 tahun 2000. Namun ada beberapa fatwa DSN yang tidak di praktekkan di UJKS Jabal Rahmah. Hal tersebut terjadi karena memang di UJKS Jabal Rahmah belum pernah ada kasus seperti itu, maka dari itu point tersebut tidak di laksanakan. Pembiayaan murabahah di UJKS Jabal Rahmah dapat meningkatkan kesejahteraan nasabah dalam hal ini pelaku usaha kecil menengah. Terbukti dari pendapatan bersih 5 (lima) nasabah yang telah melakukan pembiayaan murabahah mengalami peningkatan yamg signifikan setelah melakukan pembiayaan, sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidupnya lebih baik dari yang sebelumnya serta mampu meningkatkan taraf hidup mereka kedepannya. Melihat perkembangan pembiayaan produktif seperti murabahah, yang mampu meningkatkan pendapatan nasabah, dalam hal ini pelaku usaha kecil menengah, hendaknya terus dilakukan dan menjadi prioritas di UJKS Jabal Rahmah. Diharapkan pula suatu saat nanti UJKS Jabal Rahmah mampu bekerja sama dalam pengadaan lapangan kerja untuk masyarakat maupun nasabah. Dengan adanya lapangan kerja inilah diharapkan mampu mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Nurulunjehg14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Koperasi
Keywords: Fatwa DSN No. 04 tahun 2000; pembiayaan murabahah; nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahmawati Nurul
Date Deposited: 07 Feb 2018 04:49
Last Modified: 07 Feb 2018 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22264

Actions (login required)

View Item View Item