Gus Dur dalam bingkai novel peci miring: analisis naratif model Tzvetan Todorov

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Faiz Miftahul (2018) Gus Dur dalam bingkai novel peci miring: analisis naratif model Tzvetan Todorov. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Faiz Miftahul Huda_B76214068.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gus Dur adalah tokoh Nusantara yang dapat dikategorikan berpengaruh dalam peradaban manusia, perjalanan hidupnya menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Penulisan Biografi Gus Dur menggunakan media komunikasi novel dirasa efektif di era globalisasi seperti saat ini. Bagaimana sosok Gus Dur dikonstruksikan Aguk Irawan Dalam Novel Peci Miring. Penelitian ini menggunakan metode analisis naratif deskripstif dengan pendekatan konstruksivisme. Tujuannya adalah memahami konstruksi Aguk dalam menarasikan realitas Gus Dur. Hasil penelitian ini adalah. Pertama, Proses konstruksi narasi cerita dalam membangun realitas Gus Dur Aguk bertumpu pada kultural (nilai), intepretasi serta tanggung jawab diri penulis yang dikenal oleh kebanyakan orang sebagai sastrawan. Dengan nalar kesadaran menggunakan media komunikasi novel, membalut cerita dari sudut pandang yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. kedua, popularitas Gus Dur sebagai guru bangsa penunjang akan dibangunnya realitas Gus Dur. Yang dapat mempertemukan realitas Gus Dur yang dibangun oleh penulis dengan khalayak pembaca. Hasilnya adalah proses budaya, obyektivikasi, realitas dan cerminan baru terhadap sosok Gus Dur. Ketiga, proses konstruksi narasi terhadap Gus Dur dirasa dapat menginspirasi pembaca. Aguk telah menguak pengembaraan Gus Dur secara mendalam, semasa belia hingga remaja sehingga pembaca dapat mendapatkan pelajaran dalam proses thalabul ‘ilmi dan pengalaman Gus Dur semasa belia dan remaja. Melalui upaya media komunikasi novel Aguk telah berhasil menghadirkan realitas Gus Dur dengan baik dibuktikan akan keseragaman penyimpulan dari pembaca terhadap informasi/pesan narasinya tentang realitas Gus Dur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Faiz Miftahulfaizmifhuda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi
Komunikasi
Sastra
Keywords: Gus Dur; Novel; Konstruksi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Huda Faiz Miftahul
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:16
Last Modified: 12 Feb 2018 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22306

Actions (login required)

View Item View Item