Resiliensi pada pengusaha penyandang disabilitas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahro, Milla (2018) Resiliensi pada pengusaha penyandang disabilitas. Undergraduate thesis, UIN Sunan A,mpel Surabaya.

[img] Text
Milla Azzahro_B07213022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi pada pengusaha penyandang disabilitas dan faktor apa yang mempengaruhi pengusaha penyandang disabilitas untuk mencapai kesuksessannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan study life history. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah seorang penyandang disabilitas yang kehilangan kaki kanannya akibat kecelakaan lalu lintas yang telah mencapai kesuksessan dalam usaha protesha (kaki palsu). Kredibilitas penelitian diperoleh dari penggunaan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi pada pengusaha penyandang disabilitas yang dimiliki subjek adalah mengelola perasaan, agresif, semangat, mensyukuri keadaan, berfikir explanatory, peduli terhadap sesama, insiatif, kreatif, inovatif, dan tidak mudah menyerah. Faktor yang mempengaruhi mencapai kesuksessan berasal dari faktor keluarga.
Kesimpulan penelitian ini bahwa subjek memiliki kemampuan beresilien yang dilihat dari regulasi emosi, impulse control, optimisme, causal analysis, empati, self efficacy, dan reaching out di dalam dirinya. Serta faktor yang mempengaruhi subjek mencapai kesuksessan adalah faktor keluarga, yaitu anak subjek yang telah meninggal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahro, Millaazzahra.milla19@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Penyandang Cacat
Psikologi
Keywords: Resiliensi; pengusaha; disabilitas
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Azzahro Milla
Date Deposited: 08 Feb 2018 03:52
Last Modified: 08 Feb 2018 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22334

Actions (login required)

View Item View Item