Implementasi akad wadiah pada tabungan kurban di koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah Mitra Usaha Ideal Kecamatan Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Ida Febria (2018) Implementasi akad wadiah pada tabungan kurban di koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah Mitra Usaha Ideal Kecamatan Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ida Febria Ningrum_C74213112.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul "Implementasi Akad Wadi’ah pada Tabungan Kurban di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal Kecamatan Bungah – Gresik" ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang memiliki tujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana Implementasi Tabungan Kurban di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal Kecamatan Bungah-Gresik dan Bagaimana Analisis Akad Wadi’ah pada Tabungan Kurban di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal Kecamatan Bungah-Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentatif dan wawancara langsung dengankepala manajer, account officer, teller, staff umum. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi terkait permasalahan yang peneliti angkat. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskripstif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana implementasi Tabungan Kurban di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal dan analisis akad wadi’ah pada Tabungan Kurban. Dari hasil penelitian tersebut bahwa implementasi Tabungan Kurban diKoperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal, diawal calon anggota melaksanakan pembukaan tabungan dan bisa memilih paket setoran sesuai keinginan setiap calon anggota Tabungan Kurban. Analisis penggunaan akad pada Tabungan Kurban di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal menggunakan akad wadi’ah, yakni memiliki jangka waktu dalam pengambilan yaitu pada saat menjelang Idul Adha atau hari raya kurban.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal, penulis menyimpulkan bahwa implementasi Tabungan Kurban sudah sesuai prosedur yang berlaku di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Usaha Ideal, dan analisis akad wadiah pada produk tabungan yaitu titipan murni yang bisa diambil sesuai kesepakatan kedua belahpihak serta terdapat bonus dari kesepakatan antara pihak lembaga dengan nasabah, yakni 60% lembaga dan 40% nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Ida Febriaidafebria933@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Akad Wadi'ah; Tabungan Kurban
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ningrum Ida Febria
Date Deposited: 08 Feb 2018 01:56
Last Modified: 08 Feb 2018 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22342

Actions (login required)

View Item View Item