Implementasi kafalah dalam mengatasi wanprestasi pada bank garansi di Bank Jatim Cabang Syariah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rini, Dhita Restyo (2018) Implementasi kafalah dalam mengatasi wanprestasi pada bank garansi di Bank Jatim Cabang Syariah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dhita Restyo Rini_C74213096.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Kafalah dalam Mengatasi Wanprestasi pada Bank Garansi di Bank Jatim Cabang Syariah Sidoarjo” ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi kafalah dalam bank garansi di Bank Jatim Cabang Syariah Sidoarjo dan bagaimana implementasi kafalah dalam mengatasi wanprestasi pada bank garansi di Bank Jatim Cabang Syariah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentatif dan didukung dengan wawancara langsung pada staf operasional sebagai pihak yang menangani langsung proses transaksi pada bank garansi. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi secara mendalam terkait permasalahan yang peneliti angkat. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Implementasi kafalah pada bank garansi Di Bank Jatim Syariah tidak mendapat fee setiap bulannya sebagai hasil penjaminan, pihak bank cuma mengajukan biaya administrasi dan mendapat keuntungan di awal perjanjian. Adapun yang membuat terjadinya wanprestasi pada Bank Jatim Syariah yaitu, nasabah yang menghilang, melaksanakan tetapi tidak tepat waktu, melaksanakan tetapi tidak seperti yang diperjanjikan.
Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pengajuan bank garansi memenuhi ketentuan syariah tetapi perhitungan Bank Jatim Syariah masih memakai aturan dari bank konvensional. Bank hanya mendapat keuntungan 2% dari nasabah.Ada ketentuan pada jenis bank garansi yang diajukan jika nasabah memilih garansi penawaran dengan jangka waktu diatas 12 bulan maka bank menentukan keuntungan 5% dari jumlah plafon nasabah dan jika nasabah memilih garansi selain penawaran maka bank tidak mendapat keuntungan hanya saja jumlah plafon dari nasabah akan di endapkan 100%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rini, Dhita RestyoDhita633@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Kafalah; Wanprestasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rini Dhita Restyo
Date Deposited: 08 Feb 2018 02:06
Last Modified: 08 Feb 2018 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22346

Actions (login required)

View Item View Item