Strategi Collection dalam penanganan pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah konsumtif di BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Unit Mikro Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Achmad Fawaizul (2018) Strategi Collection dalam penanganan pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah konsumtif di BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Unit Mikro Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad Fawaizul Umam_G94214130.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Collection dalam Penanganan Pembiayaan Bermasalah pada Pembiayaan Murabahah Konsumtif di BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Unit Mikro Sidoarjo” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah konsumtif, strategi collection dalam penanganan pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah konsumtif, serta analisis strategi collection dalam penanganan pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah konsumtif di BNI Syariah KCP Unit Mikro Sidoarjo. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi lapangan, dan wawancara. Dari data yang diperoleh, maka data tersebut diolah dengan teknik pengolaan data yang meliputi editing, organizing, dan penemuan hasil. Serta teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah konsumtif di BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Unit Mikro Sidoarjo adalah dari faktor internal dan faktor eksternal. Adapun strategi collection dalam penanganan pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah konsumtif di BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Unit Mikro Sidoarjo, antara lain: (a) Via telepon dan kunjungan rumah, (b) Pengeluaran Surat Peringatan (SP), (c) Strategi 3 R (Recheduling, Reconditioning, Restructuring), dan (d) Lelang. Serta analisis Strategi collection dalam penanganan pembiayaan bermasalah pada pembiayaan mura@bahah konsumtif di BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Unit Mikro Sidoarjo sangat efektif, hal ini dapat dilihat dari data tabel penggolongan kolektibilitas selama bulan September hingga Desember 2017 yang mengalami penurunan. Dari hasil penelitian di atas saran yang dapat diberikan adalah Sebaiknya BNI Syariah KCP Unit Mikro Sidoarjo lebih meningatkan lagi dalam menganalisis kelayakan nasabah dalam menggunakan prinsip 5C. Untuk pemberian pembiayaan mura@bahah konsumtif, pihak BNI Syariah KCP Unit Mikro Sidoarjo seharusnya lebih berhati-hati dalam memberikan pembiayaan kepada nasabah dengan melakukan pengawasan khusus setelah nasabah mendapatkan pembiayaan. Collection BNI Syariah KCP Unit Mikro Sidoarjo harusnya lebih jeli dalam menerapkan prinip kehati-hatian dalam bentuk apapun, dikaitkan dari resiko yang mungkin terjadi serta memasukkan aturan atau syarat-syarat yang jelas dan tegas mengenai waktu pelaksanaan kewajiban nasabah membayar angsuran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, Achmad Fawaizuldenfawaizul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Strategi Collection; Pembiayaan Bermasalah; Pembiyaan murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Umam Achmad Fawaizul
Date Deposited: 08 Feb 2018 08:04
Last Modified: 08 Feb 2018 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22359

Actions (login required)

View Item View Item