Hubungan persepsi atas dukungan guru dengan school engagement pada siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardiyah, Sakinatul (2017) Hubungan persepsi atas dukungan guru dengan school engagement pada siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sakinatul Mardiyah_B07213034.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara persepsi atas dukungan guru dengan school engagement pada siswa. Dukungan guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi adanya school engagement pada siswa. Pengukuran persepsi atas dukungan guru menggunakan alat ukur Teacher As Social Context Questionnaire (TASC-Q) versi long form (Belmont, dkk., 1992) dan pengukuran school engagement menggunakan skala school engagement. Partisipan penelitian ini berjumlah 97 siswa SMA Kawung 1 Surabaya. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis product moment dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi p = 0.000 < 0.05 dan r = 0.388 > 0,202 artinya Ha diterima. Hal ini berarti terdapat hubungan antara persepsi atas dukungan guru dengan school engagement pada siswa. Berdasarkan hasil tersebut juga dapat dipahami bahwa hubungannya bersifat positif, artinya semakin tinggi persepsi atas dukungan guru maka semakin tingi pula school engagement pada siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardiyah, Sakinatulsakinah.m11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Psikologi
Pendidikan > Perilaku
Keywords: Guru; school engagement
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Mardiyah Sakinatul
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:19
Last Modified: 08 Feb 2018 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22361

Actions (login required)

View Item View Item