Analisis pembiayaan dengan produk amanah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riskiyah, Riskiyah (2017) Analisis pembiayaan dengan produk amanah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riskiyah_C74213144.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pembiayaan dengan Produk Amanah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya” ini merupakan hasil penelitian lapangan. Penelitian ini menjawab problematika tentang bagaimana pembiayaan pada produk amanah serta perannya dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Penelitian ini dalam bentuk lapangan yaitu terjun langsung kelapangan untuk menggali data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara yaitu kepada karyawan Pegadaian Syariah Cabang Blauran dan salah satu nasabah pembiayaan Amanah. Selain wawancara peneliti juga menggunakan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi produk pembiayaan amanah sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 09/DSN-MUI/VI/2000 tentang pembiayaan ijarah. Pertama, pembiayaan ini menggunakan indikator dalam menganalisis calon nasabah yaitu character, capacity, dan collateral dan syariah. Kedua, kualitas pelayanannya sudah memenuhi indikator kualitas pelayanan semestinya yaitu tangibles, reality, responsiviness, assurance, emphaty. Penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa, pembiayaan pada produk Amanah serta analisis di dalamnya mempunyai dampak yang besar dalam proses berlangsungnya pembiayaan. Dampaknya ialah dalam mencegah terjadinya pembiayaan yang buruk, juga dalam meningkatkan pelayanan kepada nasabah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga perlu adanya analisis yang lebih lengkap seperti capital dan condition of economy dalam menganalisis calon nasabah untuk penyempurnaan pembiayaan dalam produk Amanah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riskiyah, Riskiyahriskiyahkia1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Analisis Pembiayaan; Kualitas Pelayanan; Pegadaian Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Riskiyah Riskiyah
Date Deposited: 08 Feb 2018 03:34
Last Modified: 08 Feb 2018 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22363

Actions (login required)

View Item View Item