Implementasi marketing mix dalam meningkatkan jumlah nasabah rahn di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Andhinie Rahmatul (2018) Implementasi marketing mix dalam meningkatkan jumlah nasabah rahn di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Andhinie Rahmatul Jannah_C74213088.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana implementasi marketing mix di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo dan bagaimana implementasi marketing mix dalam meningkatkan jumlah nasabah rahn di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh pengertian, menyelidiki proses dan situasi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan yakni karyawan dan nasabah Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan marketing mix di pegadaian syariah yang terdiri dari product, place, price, promotion, people, physical avidance, proccess and service. Strategi marketing mix tersebut diterapkankan guna memberikan kepuasan kepada nasabah dan untuk menarik nasabah memilih produk rahn di Pegadaian syariah. Seperti pengertian marketing mix sendiri yakni komponen dari elemen-elemen yang membentuk strategi campuran pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk menghasilkan respon dari pasar sasaran. Penerapan marketing mix tidak hanya memberikan kepuasan kepada nasabah rahn untuk melakukan transaksi akan tetapi juga mampu mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Terbukti di tahun 2015 jumlah nasabah rahn sebanyak 2.255 orang dan di tahun 2016 sebanyak 2.918 orang, meningkat sebesar 29%. Hasil dari penelitian menganai implementasi marketing mix ini belum dapat dijadikan sebagai tolok ukur pertumbuhan perusahaan. Pertumbuhan dan perkembangan perusahaan harus selalu dipantau dan ditingkatkan. Oleh karena itu perusahaan dituntut untuk terus mempertahankan usahanya dan terus memperbaiki kondisi usaha yang sudah terbangun demi mengalahkan pesaing-pesaing yang mulai bermunculan. Hubungan dan loyalitas terhadap nasabah harus tetap dipertahankan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Andhinie Rahmatulandinrahma321@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Gadai
Manajemen
Keywords: Pemasaran; marketing mix; pegadaian syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Jannah Andhinie Rahmatul
Date Deposited: 08 Feb 2018 03:20
Last Modified: 08 Feb 2018 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22382

Actions (login required)

View Item View Item