KH. Abdul Wahid Zaini dan pengembangan pondok pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

M. Ishaq, M. Ishaq (2018) KH. Abdul Wahid Zaini dan pengembangan pondok pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ishaq_F020315063.pdf

Download (5MB)

Abstract

M. Ishaq, Penelitian yang berjudul “KH. Abdul Wahid Zaini dan Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo” ini bertujuan untuk menunjukkan implikasi pemikiran dan pengembangan KH. Abdul Wahid Zaini terhadap perkembangan pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Berangkat dari sejarah Pondok Pesantren Nurul Jadid dan Biografi KH. Abdul Wahid Zaini, ternyata terdapat banyak gagasan dari beliau yang dampaknya dapat dirasakan hingga saat ini. Sehingga dari hal tersebut, menarik minat penulis untuk menyusun beberapa rumusan masalah diantaranya yaitu, bagaimana pemikiran KH. Abdul Wahid Zaini terhadap pendidikan pesantren? Bagaimana pengembangan pendidikan pondok pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo yang dilakukan KH. Abdul Wahid Zaini? dan apa implikasi pengembangan pendidkan pesantren yang dilakukan KH. Abdul Wahid Zaini terhadap pesantren Nurul Jadid? Metodologi penilitian yang digunakan adalah termasuk jenis penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan mencari sebanyak-banyaknya informan dari berbagai hal, baik yang bersumber dari karyanya, riwayat kehidupan sewaktu masih mondok di Tebuireng dan juga sewaktu kuliah dan ketika menjadi pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid. Penelitian ini, juga dilakukan dengan terjun langsung. Hasil penelitian yang ditemukan menyebutkan bahwa pemikiran beliau adalah pemikiran modern kerena KH. Abdul Wahid Zaini menginginkan ilmu agama dan ilmu umun bisa berjalan beriringan sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadits, pengembangan yang dilakukan beliau, melalui kelembagaan, penguatan sumber daya manusia lewat kepengurusan Pesantren dan Pimpinan lembaga di bawah naungan Yayasan, jaringan social, peningkatan mutu pendidikan dan kepemimpinan kolektif serta meningkatkan atau mengembangkan pendidikan yang sudah ada dan mendirikan lembaga pendidikan baru seperti, Ma’had Aly dan LPBA (lembaga pengembangan bahasa Asing) sebagai Manivestasi dari pemikirannya, sedangkan implikasi dari pengembangan beliau adalah meningkatnya jumlah santri, kepercayaan masyarakat dan meningkatnya kwalitas para pengurus pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
M. Ishaq, M. Ishaqishakmaulana21@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Abdul Wahid Zaini; Pesantren Paiton; Nurul Jadid
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ishaq M.
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:40
Last Modified: 09 Feb 2018 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22412

Actions (login required)

View Item View Item