Analisis kebijakan dan implementasi monitoring dalam upaya meminimalisir pembiayaan murabahah bermasalah di Bank Syariah Bukopin Cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kinanti, Dini Cindy (2018) Analisis kebijakan dan implementasi monitoring dalam upaya meminimalisir pembiayaan murabahah bermasalah di Bank Syariah Bukopin Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dini Cindy Kinanti_C74213097.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana cara Bank Syariah Bukopin Cabang Surabaya dalam meminimalisir pembiayaan murābahah bermasalah. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan informan kunci dan dokumentasi, dalam hal ini pengambilan data diperoleh melalui website Bank Syariah Bukopin dan arsip-arsip yang ada di Bank Syariah Bukopin Cabang Surabaya. Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas mengenai kebijakan dan inplementasi monitoring dalam upaya meminimalisir pembiayaan murābahah bermasalah di Bank Syariah Bukopin Cabang Surabaya. Adapun latar belakang dipilihnya penanganan pembiayaan murābahah bermasalah adalah pembiayaan yang paling diminati di Bank Syariah Bukopin Cabang Surabaya adalah pembiayaan murābahah, untuk itu masalah-masalah yang ditimbulkan dalam pembiayaan murābahah juga beragam diantaranya pembiayaan murābahah bermasalah. Dalam menangani kualitas pembiayaan yang memburuk (pembiayaan bermasalah), maka bank melakukan langkah-langkah awal untuk upaya penyelamatan yaitu dengan melakukan pola restrukturisasi pembiayaan Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa penanganan pembiayaan murābahah bermasalah di Bank Syariah Bukopin cabang Surabaya yaitu memberikan solusi kepada nasabah pembiayaan yang disesuaikan dengan sebab dan kondisi nasabah.. Bank Syariah Bukopin Cabang Surabaya juga menerapkan prinsip kehati-hatian menyalurkan pembiayaan, agar pembiayaan yang diberikan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Kebijakan Bank Syariah Bukopin dalam upaya menyelamatkan pembiayaan murābahah bermasalah sudah sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia Nomor 13/9/PBI/2011 Tentang perubahan atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 10/PBI/2008 Tentang Restrukturisasi Pembiayaan Bagi Bank Syariah dan Unit Usaha Syariah. Untuk melakukan pencegahan pembiayaan bermasalah, ada baiknya pihak bank melakukan prosedur penerimaan pembiayaan lebih teliti lagi dan melakukan pengawasan yang lebih ketat lagi terhadap pembiayaan yang telah terrealisasikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kinanti, Dini Cindydinicindykinanti@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Murabahah
Keywords: Pembiayaan murabahah bermasalah; Bank Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kinanti Dini Cindy
Date Deposited: 08 Feb 2018 06:33
Last Modified: 08 Feb 2018 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22417

Actions (login required)

View Item View Item