Dimensi i’Jaz al-Qur’an pada pengulangan ayat dalam surah al-Rahman: telaah terhadap tafsir Fi Zilal al-Qur’an karya Sayyid Qutb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosi, Fauzi Fathur (2018) Dimensi i’Jaz al-Qur’an pada pengulangan ayat dalam surah al-Rahman: telaah terhadap tafsir Fi Zilal al-Qur’an karya Sayyid Qutb. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fauzi Fathur Rozi_F02515117.pdf

Download (4MB)

Abstract

Surah al-Rahman menyebutkan berbagai macam bentuk nikmat-nikmat yang dilimpahkan kepada seluruh makhluk-Nya di alam semesta. Yaitu menciptakan alam dengan segala yang ada pada-Nya seperti penciptaan jin dan manusia, matahari dan bulan yang berjalan sesuai rotasi dan orbitnya, dan masih banyak nikmat-nikmat di dalam surah al-Rahman yang ada pada-Nya. Lalu disebutkan tentang pembalasan di akhirat bagi penghuni surga dan penghuni neraka, dan balasan yang telah dijanjikan Allah bagi orang yang bertakwa dan bagi orang yang kufur kepada nikmat-nikmat-Nya. Karena itu, Allah swt telah menegaskan dengan pengulangan ayat Fabiayyi alai Rabbikuma tukaziban di dalam surah al-Rahman. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang akan penulis kaji yaitu: (1) bagaimana penafsiran Sayyid Qutb terhadap pengulangan ayat fabiayyi alai Rabbikuma tukaziban pada surah al-Rahman dalam tafsir Fi Zilal al-Qur’an?,(2) bagaimana dimensi i’jaz al-Qur’an pada pengulangan ayat fabiayyi alai Rabbikuma tukaziban dalam surah al-Rahma>n dalam tafsir Fi Zilal al-Qur’an?, (3) bagaimana implikasi pengulangan ayat fabiayyi alai Rabbikuma tukaziban terhadap penegasan makna ayat dalam surah al-Rahman? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif (analytical descriptive method), model penelitiannya dengan menggunakan kajian pustaka (library research), analisis data dengan teknik deskriptif analisis, dan pegumpulan data dengan teknik dokumenter. Hasil penelitian dari tesis ini yaitu, bahwa pemikiran Sayyid Qutb terhadap pengulangan ayat Fabiayyi alai Rabbikuma tukaziban merupakan penegasan dan pengagungan ayat dengan cara takrar, yang secara maknawi untuk memberi tantangan kepada makhluk-Nya dalam bentuk kenikmatan. Dalam surah al-Rahman memiliki gaya I’jaz bahasa berupa sastra repitisi Fabiayyi alai Rabbikuma tukaziban sebanyak 31 kali, serta mengandung I’jaz al-Qur’an dalam aspek syari’ah dan aspek ilmiah. Implikasi adanya takrar yang berfungsi sebagai penegas, hal itu disebabkan karena banyak dari manusia yang serta merta tidak mensyukuri apa yang telah Allah limpahkan berupa nikmat-nikmat-Nya, bahkan Allah telah menyebutkan secara rinci segala nikmat-Nya pada surah al-Rahman. yang dapat dikuatkan dengan dalil dalam QS. Al-Ma’arij: 19, yang artinya “Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.”

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosi, Fauzi Fathurfauzirosi50gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Dimensi i’Jaz; Tafsir Fi Zilal al-Qur’an
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rosi Fauzi Fathur
Date Deposited: 08 Feb 2018 06:22
Last Modified: 08 Feb 2018 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22418

Actions (login required)

View Item View Item