Kriteria qalil al-dabt dalam shahih Muslim dan Sunan al Tirmidhi: studi komparasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wafi, Wafi (2018) Kriteria qalil al-dabt dalam shahih Muslim dan Sunan al Tirmidhi: studi komparasi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wafi_F18214219.pdf

Download (15MB)

Abstract

Al-Qur’an dan al-Hadis merupakan hujjah atau pedoman hidup bagi seluruh ummat manusia yang hidup di dunia ini, sebagaimana hadis Nabi Muhammad Saw “bahwa aku tidak mewariskan kepada ummatkukecuali dua perkara yang tidak akan tersesat selama masih berpegang kepada keduanya, yaitu al-Qur’an dan al-Hadis. Dalam penelitian ini, penulis membahas “Kriteria Qalil Al-Dabt Dalam Sahih Muslim Dan Sunan al-Tirmidhi (Studi Komparasi)”. Tesis ini diharapkan bisa menjadikan dasar untuk memahami beberapa permasalahan dan perbedaan ‘ulama dalam pengertian dan penggunaannya. Kriteria qalil al-Dabt merupakan permasalahan yang terdapat pada hadis hasan yang terdapat dalam kitab hadis Sahih Muslim dan Sunan al-Tirmidhi.Initidak terlepas dariperbedaan dalam pengkategorian hadis hasan itu sendiri. Pakar hadis mutaqaddimin membedakan hadis menjadi dua, yakni hadis sahih dan hadis da’if, sampai dikemukakannya pengkategorian yang ketiga yaitu hadis hasan oleh Imam al-Tirmidhi. Sehingga memunculkan rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, bagaimana kriteria qalil al-Dabt dalam Sahih Muslim Dan Sunan al-Tirmidhi? Kedua: apa persamaan dan perbedaan kriteria qalil al-Dabt dalam Sahih Muslim Dan Sunan al-Tirmidhi?Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif. Di mana, masalah yang muncul sebagai objek penelitian belum bisa disimpulkan secara holistik, kualitatif juga dapat bermakna sesuatu yang berkaitan dengan aspek kualitas, nilai atau makna yang terdapat di balik fakta. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library reseacrh), teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, yaitu teknik pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Hasil penelitian ini untuk mengetahui persamaan dan perbedaan kriteria qalil al-Dabt dalam kitab Sahih Muslim dan Sunan al-Tirmidhi. Isi dari penelitian ini akan menjelaskan bagaimana persamaan dan perbedaan keduanya dalam sub pokok masing-masing dengan lebih rinci lagi, sehingga bisa membandingkan kriteria qalil al-Dabt di dalam dua kitab sumber hadis yaitu kitab Sahih Muslim dan Sunan al-Tirmidhi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wafi, Wafiliekazama87@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Hadis
Keywords: Qalil; hadis hasan; Imam Muslim; Imam Tirmidhi
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Wafi Wafi
Date Deposited: 08 Feb 2018 09:11
Last Modified: 08 Feb 2018 09:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22451

Actions (login required)

View Item View Item