Penafsiran laazidannakum dalam surat Ibrahim ayat tujuh; telaah sains alquran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummami, Kholifatul (2018) Penafsiran laazidannakum dalam surat Ibrahim ayat tujuh; telaah sains alquran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kholifatul Ummami_E93214075.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada umumnya tafsir,penafsiran mengenai lafadz La’azidannakum belum dijelaskan secara rinci apa makna dari lafadz ini.Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana makna La’azidannakum dalam surat Ibrahim ayat tujuh menurut penafsiran para ulama.2) Bagaimana pembuktian sains Alquran atas kebenaran surat Ibrahim ayat tujuh.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna La’azidannakum menurut para mufassir dan bagaimana syukur dalam tinjauan Psikologi dengan teori Gratitude.Penelitian dalam hal ini adalah menggunakan metode tahlili yaitu menganalisa penafsiran mufassir, ide-ide mufassir dalam menafsiri suatu ayat.Sehingga semakin luas dan lebar dalam menafsirinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap makna La’azidannakum dan mengungkapkan tambahan nikmat apa saja ketika seseorang bersyukur.Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa La’azidannakum bermakna bertambahnya suatu nikmat, ridho Allah, tambahan kebaikan sekaligus keburukan,dan melapangkan jiwa. Teori gratitude senada dengan penafsiran Alquran yakni seseorang yang bersyukur jiwanya menjadi tenang,good feeling,selalu melakukan hal positif dan hatinya tertanam sifat ikhlas. Hal ini terbukti bahwa sains telah membenarkan kebenaran Alquran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummami, Kholifatulkholifatulummami@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir
Keywords: Syukur; La’azidannakum; Gratitude
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ummami Kholifatul
Date Deposited: 09 Feb 2018 03:30
Last Modified: 09 Feb 2018 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22454

Actions (login required)

View Item View Item