Analisis prudential banking principle pada pembiayaan flexi iB Hasanah dengan akad murabahah tanpa agunan di BNI Syariah KCP Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Umi Hanifahtuz (2018) Analisis prudential banking principle pada pembiayaan flexi iB Hasanah dengan akad murabahah tanpa agunan di BNI Syariah KCP Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Umi Hanifahtuz Zahroh_C74213161.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab prosedur pembiayaan flexi iB hasanah di akad murabahah menggunakan pembiayaan tanpa agunan dan menjelaskan penerapan analisis prudential banking principle di pembiayaan flexi iB hasanah di akad murabahah pembiayaan tanpa agunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Yaitu memaparkan hasil penelitian dengan narasi kualitatif yang menjelaskan prosedur pemberian pembiayaan flexi iB hasanah di akad murabahah menggunakan pembiayaan tanpa agunan dalam prudential banking principle (BNI Syariah) KCP Gresik. Pengumpulan data berasal dari wawancara dengan karyawan BNI Syariah, observasi langsung, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa BNI Syariah dalam mekanisme penerapan prudential banking principle menggunakan dua penerapan yaitu prosedur pemberian pembiayaan flexi iB hasanah melalui aplikasi pembiayaan, pengumpulan data, analisa pembiayaan, persetujuan pembiayaan, pengikatan, pencairan, dan monitoring. Dan analisis prudential banking principle yang digunakan oleh BNI Syariah berupa character, capacity, capital, colacteral, condition of economy dan syari’ah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dari beberapa tahap prosedur tersebut dikatakan belum cukup optimal dikarenakan terdapat satu prosedur yang tidak sesuai antara kebijakan BNI Syariah KCP Gresik dengan lapangan yaitu prosedur pengikatan yang dipakai BNI Syariah KCP Gresik ialah payroll dan asuransi, sistem payroll belum dilakukan secara optimal. Dan penerapan analisa 5C+ 1S kurang berhati–hati pada segi karakter yaitu hanya menggunakan sistem BI checking sistim tersebut belum begitu kuat yaitu karakter nasabah yang bisa berubah-ubah meskipun di history BI checking nasabah yang lancar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Umi Hanifahtuzumihanifahtuzzahroh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Prudential banking principle; flexi iB Hasanah; murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Zahroh Umi Hanifahtuz
Date Deposited: 09 Feb 2018 03:05
Last Modified: 09 Feb 2018 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22457

Actions (login required)

View Item View Item