Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model kooperatif tipe think pair share pada materi sumpah pemuda mata pelajaran PKN siswa kelas III MI Kyai Tambak Deres Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istikomah, Nurul (2018) Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model kooperatif tipe think pair share pada materi sumpah pemuda mata pelajaran PKN siswa kelas III MI Kyai Tambak Deres Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Istikomah_D27213326.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini berdasarkan hasil observasi dengan guru mata pelajaran PKn sekaligus wali kelas III, kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar serta kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran PKn yang dapat dikategorikan kurang. Proses belajar yang masih lemah dan terperangkap dalam proses menghafal, hanya menyentuh kemampuan berpikir tingkat rendah. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan model Kooperatif tipe Think Pair Share. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share pada materi sumpah pemuda mata pelajaran PKn dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III MI Kyai Tambak Deres Surabaya? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III MI Kyai Tambak Deres Surabaya pada materi sumpah pemuda mata pelajaran PKn melalui model kooperatif tipe Think Pair Share?. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes menggunakan penilaian penugasan dan tes tulis, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share pada materi sumpah pemuda mata pelajaran PKn siswa kelas III dapat dilihat dari nilai aktivitas guru dan aktifitas siswa. Pada siklus I aktivitas guru mendapat nilai 78,125 (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan nilai 93,75 (sangat baik). Untuk aktivitas siswa pada siklus I mendapat nilai 78,57 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 91,07 (sangat baik). 2) Adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III. Prosentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis pada pra siklus yaitu 26%, meningkat menjadi 56,52% (cukup) pada siklus I, kemudian meningkat lagi 78% (Baik) pada siklus II. Sedangkan untuk nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 62,8 meningkat menjadi 66,43 pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 77,69 pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istikomah, NurulIstiqomah3.ni@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Berpikir kritis; Kooperatif, Think Pair Share
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Istikomah Nurul
Date Deposited: 09 Feb 2018 03:19
Last Modified: 09 Feb 2018 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22461

Actions (login required)

View Item View Item