Pengaruh 5C kepada anggota terhadap kelancaran pembayaran pembiayaan murabahah di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Patmanegara, Rosyalina Alviyanti (2018) Pengaruh 5C kepada anggota terhadap kelancaran pembayaran pembiayaan murabahah di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rosyalina Alviyanti patmanegara_C74213149.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rosyalina Alviyanti patmanegara_C74213149.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh 5C Kepada Anggota Terhadap Kelancaran Pembayaran Pembiayaan Mura>bah}ah di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya” merupakan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif lapangan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yaitu bagaimana pengaruh character, capacity, capital, collateral, condition secara simultan kepada anggota terhadap kelancaran pembayaran pembiayaan mura>bah}ah di KSPPS MBS Surabaya, selanjutnya menguji bagaimana pengaruh character, capacity, capital, collateral, condition secara parsial kepada anggota terhadap kelancaran pembayaran pembiayaan mura>bah}ah di KSPPS MBS Surabaya. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 231 anggota. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% sehingga menghasilkan sampel 146 responden dan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis regresi logistik .
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bebas 5C (character, capacity, capital, collateral dan condition) secara simultan memiliki pengaruh signifikan, hal ini diperoleh karena nilai Sig. 0,001 lebih rendah dibandingkan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang artinya Ho ditolak H1 diterima. Begitu juga dengan hasil penelitian secara parsial, dari hasil analisis data diperoleh character (X1) berpengaruh signifikan terhadap kelancaran pembayaran pembiayaan mura>bah}ah di KSPPS MBS Surabaya, dapat diketahui nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,015 < 0,05. Capacity (X2) berpengaruh tidak signifikan sebab nilai signifikan lebih besar dari tingkat signifikan yaitu 0,403 > 0,05. Capital (X3) berpengaruh tidak signifikan sebab nilai signifikan lebih besar dari tingkat signifikan yaitu 0,052 > 0,05. Collateral (X4) berpengaruh tidak signifikan sebab nilai signifikan lebih besar dari tingkat signifikan yaitu 0,216 > 0,05. Condition (X5) tidak berpengaruh signifikan terhadap kelancaraan pembayaran pembiayaan mura>bah}ah di KSPPS MBS Surabaya, dapat diketahui tingkat signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi yaitu 0,552 > 0,05.
Saran bagi KSPPS MBS Surabaya hendaknya dapat lebih tegas dan selektif dalam pemberian pembiayaan mura>bah}ah dengan lebih mempertimbangkan penilaian prinsip 5C (Character, Capacity, Capital, Collateral dan Condition) secara profesional. Tujuannya untuk mengetahui kualitas anggota dalam pengembalian pembayaran pembiayaan, agar pembayaran diterima dengan lancar.

Kata kunci: character, capacity, capital, collateral, condition, kelancaraan pembayaran, pembiayaan mura>bah}ah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Patmanegara, Rosyalina AlviyantiRosyalinalviyanti@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Patmanegara Rosyalina Alviyanti
Date Deposited: 09 Feb 2018 06:23
Last Modified: 09 Feb 2018 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22467

Actions (login required)

View Item View Item