Pengembangan modul pendidikan agama Islam berbasis pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada siswa kelas IV SDN Warugunung 1 Surabaya semester I

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Siti (2018) Pengembangan modul pendidikan agama Islam berbasis pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada siswa kelas IV SDN Warugunung 1 Surabaya semester I. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti fatimah_F12315220.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini mengacu pada model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dan Sammel dengan 4 tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran, tetapi pengembangan dalam penelitian ini belum sampai pada penyebaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan modul Pendidikan Agama Islam berbasis pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada siswa kelas IV SDN Warugunung 1 Semester I, (2) mendeskripsikan kevalidan dan menguji efektifitas penerapan modul Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan melalui pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada siswa kelas IV SDN Warugunung 1 Semester I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul PAI yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai “valid” dengan nilai rata-rata total kevalidan sebesar 3,52 yang berarti baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Modul PAI yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai “efektif” dengan nilai rata-rata sebesar 3,75. Aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan modul PAI telah memenuhi kriteria “efektif” dengan persentase rata-rata 85,9%. Respon siswa terhadap pengembangan modul PAI telah memenuhi kriteria “efektif” dengan persentase rata-rata respon positif siswa sebesar 93,94%. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan modul PAI telah memenuhi kriteria “efektif” dengan nilai tes belajar 28 siswa mengalami peningkatan 0,46 kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, Sitisitisitifatimah83@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Modul PAI; pendekatan saintifik
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nizar Moh.
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:44
Last Modified: 12 Feb 2018 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22475

Actions (login required)

View Item View Item