Fenomena hoax di media sosial dalam pandangan hermeneutika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifullah, Ilham (2018) Fenomena hoax di media sosial dalam pandangan hermeneutika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ilham Syaifullah_E01213029.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di era tekonologi informasi seperti saat ini, sudah mulai banyak media sosial yang mengisi setiap kehidupan masyarakat di dunia digital. Dalam hal ini mkemajuan teknologi akan membawa dapak yang mempengaruhi kehidupan masyarakat, mulai dari dampak baik dan dampak buruk yang akan datang. Tak hanya itu, di dalamnya juga sudah tersedia banyak sekali konten digital seperti media sosial yang ramai di perbincangkan hingga mengundang berita-berita yang tidak benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengenal dan mengidentifikasi berita atau informasi palsu di media sosial atau yang sering disebut dengan hoax. Terkait dengan hoax ini, penulis menyambungkannya dengan metode hermenutika sebagai cara pengidentifikasian. Dengan rumusan masalah tentang beberapa tokoh hermeneutika seperti Hans G. Gadamer dan Paul Ricoeur dengan teorinya yang bisa digunakan dalam mengidentifikasi hoax di media sosial. Menggunakan teori hermeneutika dari kedua tokoh tersebut dianggap menjadi cara yng mudah untuk diterpkan dalam menghindari kasus hoax. Penelitian ini diharapkan agar masyarakat umum pengguna media sosial terutama di kalangan akademisi agar bisa lebih sistematis dalam mengolah informasi dan memilah informasi yang bisa dipercaya. Menggunakan metode hermeneutika dengan teori fiksasi dan distansiasi untuk mengidentifikasi masalah hoax di media sosial, agar metode ini menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi dan menghindari pengguna media sosial dari berita-berita yang tidak benar. Penulis berharap hasil dari penelitian ini diharapakan bisa berguna bagi pengguna media sosial baik dari masyarakat awan, lingkungan akademis, hingga pemerintahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifullah, Ilhamilhamsaifullah4@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Hoax; Fiksasi; Distansiasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Syaifullah Ilham
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:15
Last Modified: 12 Feb 2018 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22479

Actions (login required)

View Item View Item