Pengaruh prosedur pembiayaan arrum haji terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa pada pegadaian syariah: study kasus pegadaian syariah cabang Blauran dan pegadaian syariah cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jauhariatuzzuhdiyah, Jauhariatuzzuhdiyah (2018) Pengaruh prosedur pembiayaan arrum haji terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa pada pegadaian syariah: study kasus pegadaian syariah cabang Blauran dan pegadaian syariah cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Jauhariatuzzuhdiyah_C04213031.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prosedur dalam mengajukan pembiayaan pada produk arrum haji di pegadaian syariah ini berpengaruh kepada keputusan nasabah dan seberapa besar pengaruh prosedur pembiayaan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan penyebaran kuisioner atau angket kepada nasabah arrum haji di Pegadaian Syariah Cabang Blauran dan Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo yang populasinya berjumlah 45 nasabah. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas , uji normalitas, uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS16,00 for windows. Berdasarkan hasil dari uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 3.169 > nilai t tabel 2,0166 dan nilai p = 0,003 < 0,05, maka menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara prosedur pembiayaan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk arrum haji di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya dan Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo dan hasil dari uji regresi linier sederhana diperoleh nilai R^2 (R Squaer) sebesar 18,9 yang dapat diartikan bahwa variabel prosedur pembiayaan pada produk arrum haji (X) terhadap keputusan nasabah (Y) sebesar 18,9%. Melihat hasil dari penelitian ini sebaiknya PT. Pegadaian Syariah dapat lebih meningkatkan kemudahan dari segi persyaratan dan realisasi pembiayaan ,karena persaingan dalam usaha pembiayaan haji semakin marak dan ketat, maka dari itu Pegadaian Syariah baiknya lebih meningkatkan prosedur pembiayaan sebagai strategi promosi untuk menarik dan meningkatkan nasabah yang menggunakan produk arrum haji di Pegadaian syariah Cabang Blauran Surabaya dan Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jauhariatuzzuhdiyah, Jauhariatuzzuhdiyahjauhariatuzzuhdiyah95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Gadai
Keywords: Prosedur pembiayaan; keputusan nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Jauhariatuzzuhdiyah Jauhariatuzzuhdiyah
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:00
Last Modified: 09 Feb 2018 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22485

Actions (login required)

View Item View Item