Model Pembelajaran Nisaiyyah (keputrian) dalam membentuk pribadi mar'atus shalihah di Pondok Modern al Amanah Junwangi Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarrihah, Dwi (2018) Model Pembelajaran Nisaiyyah (keputrian) dalam membentuk pribadi mar'atus shalihah di Pondok Modern al Amanah Junwangi Krian Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
DWI MUFARRIHAH_F020315054.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kondisi yang memprihatinkan sedang dilanda negeri kita. Dimana banyak pergaulan bebas terjadi, banyak perempuan yang kehilangan kehormatannya dan sengaja atau tidak sengaja menghancurkan dirinya. Ada diantara mereka yang melesat menuju surga dengan amalan-amalan terbaiknya dan ada yang menjerumuskan diri ke dalam neraka dengan kemaksiatan yang dilakukannya.generasi muda perlu bimbingan dalam memahami kehidupan. Melalui pembelajaran nisaiyyah (keputrian) dapat membantu para remaja putri untuk memahami keputrian yang sesungguhnya. Teori-teori yang yang ada dalam pembelajaran nisaiyyah (keputrian) sangat berguna sebagai bekal kehidupan nyata.Penelitian ini bertujuan: (1). Untuk memperoleh informasi tentang pembelajaran nisaiyyah (keputriaan), (2). Untuk memperoleh informasi tentang kendala pelaksanaan pembelajaran nisaiyyah (keputrian), dan (3). Untuk memperoleh solusi dari kendala dalam pembelajaran nisaiyyah (keputrian) di Pondok Modern al-Amanah Junwangi Krian Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu etnometodologi dan jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer yaitu dari hasil observasi, dokumentasi dan hasil wawancara dengan pembimbing, pemimpin pondok, guru dan santriwati, kedua adalah sumber data sekunder yaitu arsip dokumen tentang sejarah berdirinya pondok. Tekhnik pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Tekhnik analisis data adalah deduktif induktif. Pengecekan keabsahan data dengan tekhnik tiangulasi. Berdasarkan fokus penelitian, paparan data dan temuan serta analisis pembahasan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1). Pembelajaran nisaiyyah yaitu tata boga dan fiqh wanita. Tata boga dilaksanakan pada hari sabtu pukul 11.00-12.30 dengan metode demonstrasi dan medianya adalah media cetak (lembaran lepas), sedangkan fiqh wanita pada hari senin dan selasa setelah sholat maghrib dengan metode ceramah dan medianya adalah media cetak (kitab), (2). Kendala dari pembelajaran nisaiyyah adalah minimnya bahan dan peralatan tata boga, belum adanya buku pegangan santriwati dalam hal nisaiyyah, belum adanya pembelajaran psikologi, belum mencantumkan materi hasta karya dan belum memaksimalkan penggunaan media tekhnologi, (3). Solusinya adalah memaksimalkan dalam penyediaan bahan dan peralatan dapur untuk tata boga, menerbitkan buku yang berkaitan dengan nisaiyyah, menambahkan pelajaran nisaiyyah, menambahkan agenda rutin dalam kurikulum untuk pelajaran hasta karya, memaksimalkan penggunaan media tekhnologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarrihah, Dwid.mufarrihah@yahoo.co.idF020315054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwati, Enieni.tarbiyah@gmail.com2021126501
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Media pembelajaran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mufarrihah Dwi
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:01
Last Modified: 29 Mar 2021 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22496

Actions (login required)

View Item View Item