Metode tafsir nuzuli Muhammad Izzat Darwazah: telaah terhadap kitab tafsir al-hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Ainul (2018) Metode tafsir nuzuli Muhammad Izzat Darwazah: telaah terhadap kitab tafsir al-hadis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainul Yaqin_E73214047.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kajian telaah terhadap naskah merupakan langkah progressif dalam memperluas khazanah keilmuan tafsir.Upaya melihat metode tafsir nuzuli yang ditawarkan Izzat Darwazah melalui kitab tafsir al-hadis menjadi salah satu hal yang dapat digali.Penggalian data ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara detail bagaimana konsep tafsir nuzulinya Izzat Darwazah.Secara umum,penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan kajian kepustakaan (library reseach),melalui literatur ilmiah baik yang primer seperti dalam karyanya yakni,al-Tafsir al-Hadis dan al-Qur’an al-Majid dan dan sumber sekunder yang masih relevan.Sejauh penilaian penulis,konsep yang dipaparkan oleh Izzat darwazah memberikan kegamblangan dalam menafsirkan Alquran.baik dari segi metode,sumber dan bentuk penafsiran serta caranya memberikan pemaknaan terhadap realita yang terjadi.Dari segi sumber,ia menggunakan tafsir bi al-Ma’tsur dan bi al-ra’yi.Karena keduanya tampak seimbang dalam penafsirannya Izzat Darwazah.Tafsir nuzuli menjadi metode penafsiran Izzat Darwazah dalam memahami dan menyingkap makna Alquran.Tafsir kronologi yang sesuai dengan tartib nuzul ini bertujuan untuk menjadikan pembaca seakan-akan terlibat langsung dengan suasana seputar pewahyuan.Bentuk penafsiran Izzat Darwazah dapat ditemukan dalam bagian yang menjadikan unit besar maupun kecil.Serta tidak luput dalam memberikan asbab nuzul,nasakh mansukh dan penjelasan kebahasaan yang dirasa asing.Darwazah adalah orang pertama yang memberikan konsep tartib nuzul serta menafsirkan Alquran sesuai dengan kronologi turunnya.Dengan demikian,tafsir nuzuli yang diproduksi oleh Izzat Darwazah dalam menafsirkan Alquran tergolong penafsiran baru dan menjadi keunikan tersendiri.
Kata kunci:Tafsir Nuzuli,Izzat Darwazah,Tafsir al-Hadis

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Ainulainyaqin14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Tafsir
Keywords: Metode tafsir nuzuli; tafsir al-hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Yaqin Ainul
Date Deposited: 09 Feb 2018 03:16
Last Modified: 09 Feb 2018 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22504

Actions (login required)

View Item View Item