Model Pembelajaran al-Quran Hadith di Fullday School (Studi Multi Kasus pada MINU Pucang dan MI Tarbiyatul Islamiyah Sidoarjo) .

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridwan, Mohammad (2018) Model Pembelajaran al-Quran Hadith di Fullday School (Studi Multi Kasus pada MINU Pucang dan MI Tarbiyatul Islamiyah Sidoarjo) . Masters thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Mohammad Ridwan_F12315217.pdf

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran perlu menganalisis kebutuhan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan karakteristik materi, kemampuan siswa, dan tujuan yang hendak dicapai. Hingga tercapai pemilihan model pembelajaran yang tepat, dengan demikian guru akan mudah dalam menyampaikan materi dan siswa tidak jenuh dalam belajar. Di MINU Pucang dan MI Tarbiyatul Islamiyah dalam pelaksanaan pembelajaran al-quran Hadits sudah menggunakan beberapa model pembelajaran. Penulis tertarik melakukan penelitian tentang model pembelajaran al Qur’an Hadith, untuk mengetahui faktor pendukung dan kendala, dan Bagaimana solusi terhadap kendala pembelajaran al-quran Hadits agar pembelajaran al-Qur’an Hadith dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif. Data dan informasi yang didapatkan dari informan di lokasi penelitian akan diolah, dianalisis dalam rangka untuk menemukan model pembelajaran al-Qur’an Hadith. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dan informasi menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pembelajaran al-quran Hadits guru melakukan persiapan sebelum mengajar. Guru menggunakan model pembelajaran langsung, kontekstual, dan kooperatif. Metode yang digunakan ialah ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Strategi mengajar yang digunakan ialah presentasi, demonstrasi, dan game. Evaluasi yang digunakan ialah penilaian harian, UTS, dan UAS. Adapun faktor pendukung terhadap pembelajaran al-Qur’an Hadith: Minat siswa, metode pembelajaran yang digunakan guru, materi, dan SDM guru. Adapun faktor kendala ialah: Raw input, kurang optimalnya guru dalam membimbing belajar al-Qur’an karena terbatasnya jam pelajaran, dan rendahnya kemampuan siswa yang berlatar belakang dari TK umum. Sedangkan solusi terhadap kendala pembelajaran al-Qur’an Hadith: Menyelenggarakan bimbingan baca tulis al-Qur’an, memberikan bimbingan baca tulis al-Qur’an di luar jam sekolah dan memberikan tambahan mata pelajaran al-Qur’an H{adith.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridwan, Mohammadmutiaraalikhwan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Model pembelajaran; al-Qur’an Hadith
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:21
Last Modified: 09 Feb 2018 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22513

Actions (login required)

View Item View Item