Implementasi murābaḥah pada produk iB kepemilikan rumah dalam meningkatkan profitabilitas: studi kasus pada PT Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Parwitasari, Fika Diah (2018) Implementasi murābaḥah pada produk iB kepemilikan rumah dalam meningkatkan profitabilitas: studi kasus pada PT Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fika Diah Parwitasari_ C74213105.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Murābaḥah pada Produk iB Kepemilikan Rumah dalam Meningkatkan Profitabilitas” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi murābaḥah pada produk iB kepemilikan rumah di Bukopin Syariah Kantor Cabang Surabaya dan bagaimana produk iB kepemilikan rumah di Bukopin Syariah Kantor Cabang Surabaya dapat meningkatkan profitabilitas.Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentatif dan wawancara dengan staff akuntansi, nasabah dan team pembiayaan iB kepemilikan rumah. Wawancara untuk menggali informasi terkait permasalahan yang peneliti angkat kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi implementasi akad
murābaḥah pada produk iB kepemilikan rumah menggunkan sistem murābaḥah KPP (Kepada Pemesan Pembelian) di sertai akad wakalah. Spesifikasi barang sesuai permintaan nasabah dengan uang muka minimal 20%. Terdapat 5 jenis pembiayaan yaitu pembelian rumah, renovasi, pembelian rumah kolektif, apartemen atau rumah susun dan pembelian ruko. Dalam penerapan 5 tahun terakhir ini telah berkontribusi sebesar Rp 9.258.526.300. Implementasi murābaḥah pada produk iB kepemilikan rumah di Bukopin Syariah Cabang Surabaya masih relative sedikit dalam meningkatkan profitabilitas bank, secara prosentase perkembangannya sebesar 0,44% pada tahun 2013, tahun 2014 sebesar 0.55%, tahun 2015 sebesar 0,61% dan pada tahun 2016 pencapaian kinerja mencapai sebesar 80% dari target. Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Surabaya dalam mengimplementasikan akad murābaḥah disertai wakalah diharapkan dapat meningkatkan profitabilitas bank. Dengan menerapkan prinsip dan strategi yang lebih comprehensive agar masyarakat lebih mengenal produk iB kepemilikan rumah dan lebih berhati-hati dalam memberikan pembiayaan, sehingga dapat meningkatkan profitabilitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Parwitasari, Fika Diahfikadiah22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keywords: murābaḥah; iB Kepemilikan Rumah; profitabilitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Parwitasari Fika Diah
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:00
Last Modified: 09 Feb 2018 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22521

Actions (login required)

View Item View Item