Analisis berpikir refraktif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada kelas ix SMP Negeri 2 Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavia, Yeni (2018) Analisis berpikir refraktif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada kelas ix SMP Negeri 2 Taman. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Yeni Oktavia_D04213037.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berpikir refraktif merupakan proses berpikir siswa dalam membuat keputusan atau jawaban melalui beberapa alternatif penyelesaian. Proses refraktif membantu siswa memahami dan mengidentifikasi proses belajar dalam membantu mengembangkan keterampilan berpikir. Berpikir reflektif merupakan awal terjadinya berpikir refraktif. Setelah berpikir reflektif, proses selanjutnya menuju proses mental yang lebih aktif disebut berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir refraktif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa kelas IX SMP Negeri 2 Taman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan wawancara berbasis tugas. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan indikator dari berpikir refraktif. Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini diperoleh bahwa 2 siswa melakukan berpikir refraktif dalam pengambilan keputusan dilakukan dengan tiga tahapan: mengidentifikasi masalah, strategi, dan evaluasi. Mengidentifikasi dilakukan dalam proses mengaitkan masalah dengan cara Talley. Strategi dilakukan dalam proses mengaitkan frekuensi yang satu dengan yang lainnya, mengeliminasi alternatif (pilihan) secara bertahap berdasarkan banyak frekuensi, dan mengaitkan frekuensi dengan posisi rangking sebelumnya. Evaluasi dilakukan dalam proses memilih alternatif berdasarkan frekuensi sehingga diperoleh kesimpulan yang telah dianggap benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavia, Yeniyenicps78@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Berpikir Refraktif; Berpikir Reflektif; Berpikir Kritis; Masalah Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Oktavia Yeni
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:24
Last Modified: 09 Feb 2018 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22532

Actions (login required)

View Item View Item