Tafsir al Quran dan kritik sosial: studi terhadap Tafsir Taj al Muslimin min Kalami Rabbi al-Alamin karya Misbah Mustafa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Ilya Syafa'atun (2018) Tafsir al Quran dan kritik sosial: studi terhadap Tafsir Taj al Muslimin min Kalami Rabbi al-Alamin karya Misbah Mustafa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilya Syafa'atun Ni'mah_E93214091.pdf

Download (50MB)

Abstract

Sebuah karya tafsir tidak akan pernah terlepas dari konstruk pemikiran, keadaan sosial, metode, dan masalah yang berkembang saat tafsir tersebut ditulis. Karena tafsir merupakan produk budaya yang lahir dari proses dialektika antara mufasir dengan kondisi sosial yang melingkupinya dan dengan Alquran dipihak lain. Salah satu tafsir yang lahir dari problem sosial politik yang melingkupinya adalah Tafsir Taj al-Muslimin min Kalami Rabbi al-‘Alamin karya Misbah Mustafa. Oleh karena itu penelitian ini diorientasikan untuk menjawab permasalahan tentang metodologi yang digunakan Misbah Mustafa dalam Tafsir Taj al-Muslimin serta bagaimana dialektika Misbah Mustafa dengan masalah sosial politik dalam Tafsir Taj al-Muslimin min Kalami Rabbi al-’Alamin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research) dan wawancara. Untuk mengungkap dialektika Tafsir Taj al-Muslimin min Kalami Rabbi al-’Alamindengan masalah sosial politik waktu itu, penelitian ini dikaji dengan kerangka teori analisis masalah kritis. Analisis masalah kritis yaitu analisis masalah yang menggunakan bahasa untuk dianalisis, bahasa di sini tidak hanya diartikan sebagai linguistik tradisional namun bahasa di sini di artikan sebagai konteks. Konteks di sini berarti bahasa dipakai untuk tujuan dan praktik tertentu, termasuk di dalamnya praktik kekuasaan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan Misbah Mustafa dalam tafsirnya adalah bila ditinjau dari segi penafsirannya menggunakan metode bi al-ra’yi, bila ditinjau dari segi penjelasannya terhadap ayat-ayat Alquran menggunakan metode Muqarin, bila ditinjau dari segi keluasan penjelasan tafsirnya menggunakan metode it}nabi, bila ditinjau dari tartib ayat yang ditafsirkan menggunnakan metode tahlily, dengan corak sosial kemasyarakatan dan fikih. Dialektika yang di maksud di sini adalah respon Misbah Mustafa terhadap masalah sosial politik yang terjadi waktu itu yang kemudian diungkapkan dalam karya tafsir.Masalah politiktersebutmengenai program Keluarga Berencana (KB)dankebijakan pemerintah terhadap pendidikan Islam sedangkan masalah sosial tersebut mengenai isu feminisme dan kondisi ulama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Ilya Syafa'atunilyasyafaatunn@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Dialektika; sosial politik; Misbah Mustafa; Tafsir Taj al-Muslimin;
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ni'mah Ilya Syafa'atun
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:29
Last Modified: 09 Feb 2018 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22533

Actions (login required)

View Item View Item