Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatakan keterampilan menulis materi menyusun paragraf pada siswa di kelas III MI Sunan Ampel Kesambi Porong Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afif, Nur Afifa (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatakan keterampilan menulis materi menyusun paragraf pada siswa di kelas III MI Sunan Ampel Kesambi Porong Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Afifa Afif_D77214042.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah bahwasanya realita di lapangan yang menjelaskan bahwa pembelajaran sepenuhnya yang masih diambil alih oleh guru (Teacher Center), keikutsertaan siswa dalam kurang aktif berpartisipasi selama pembelajaran, akibatnya aktivitas tersebut mengganggu pemahaman ketika proses pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan menulis menjadi kurang maksimal. Berdasarkan dari data awal nilai keterampilan menulis materi menyusun paragraf kelas III, diperoleh data sebanyak 3 siswa yang mencapai nilai KKM keterampilan menulis pada materi menyusun paragraf. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check dalam keterampilan menulis pada materi menyusun paragarf di kelas III MI Sunan Ampel Porong Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis materi menyusun paragraf dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check di kelas III MI Sunan Ampel Porong Sidoarjo? Metode penelitian yang digunakan adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 29 siswa dan tempat penelitian di MI Sunan Ampel Porong Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: Planning, Acting, Observing, Reflecting. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, Product Assesment dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah rubrik product assesment, dengan memperhatikan 4 kriteria keterampilan menulis materi menyusun paragraf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check dapat disimpulkan siswa menjadi aktif dan menjadikan nilai keterampilan menulis siswa menjadi meningkat diatas KKM. Hal ini dibuktikan dengan perolehan observasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan, yakni dari observasi aktivitas guru mendapat skor peningkatan dari 76,7 menjadi 83. Kemudian skor aktivitas siswa dari perolehan pada 69,2 menjadi 86,5. (2) Selain itu peningkatan keterampilan menulis siswa juga dapat dikategorikan berhasil. Hal ini terbukti dari tahap pra siklus, siklus I maupun siklus II, yakni dari 60,85 (tidak baik) menjadi 79,64 dengan prosentase 67,8% kemudian menjadi 82,82 (baik), sehingga prosentasenya 89,6%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afif, Nur Afifaviviafifa1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Keterampilan Menulis; pair check; Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afif Nur Afifa
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:38
Last Modified: 09 Feb 2018 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22535

Actions (login required)

View Item View Item