Implementasi akad murabahah terhadap transaksi buyback dalam produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya ditinjau dari kepatuhan terhadap syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Wahyu Aditya Ananta (2017) Implementasi akad murabahah terhadap transaksi buyback dalam produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya ditinjau dari kepatuhan terhadap syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Aditya Ananta Putra_C74213166.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi berjudul Implementasi akad murabahah terhadap transaksi buyback dalam produk tabungan emas di Pegadaian Syariah cabang Blauran Surabaya ditinjau dari Kepatuhan terhadap syariah merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawabpertanyaan tentang bagaimana implementasi akad murabahah terhadap transaksi buyback pada produk tabungan emas yang ada di PegadaianSyariah Blauran Surabaya, dan apakah transaksi buyback dalam produk tabungan emas yang ada di Pegadaian Syariah cabang Blauran Surabaya sudah patuh terhadap ketentuan syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dengan informan pimpinan cabang PegadaianSyariah Blauran Surabaya dan pengelolah unit Pegadaian Syariah Kutai Surabaya, yang telah mengetahui operasional produk tabungan emas secara keseluruhan di Pegadaian Syariah. Hasil penelitian menjelaskan transaksi buyback dalam tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Blauran Surabaya menggunakan akad murabahah.Dalam operasionalnya transaksi buyback dengan pola“jual, cetak, beli”adalah salah satu pola dalam transaksi buyback yang menggunakan akadmurabahah, transaksi buyback dengan pola“jual, cetak, beli”adalah transaksi jual-beli emas di dalam produk tabungan emas, dimana ketika nasabah yang telah melakukan transaksi beli-cicil emas, ketika angsuran nasabah telah mencapai nominal harga berat emas 1 gram, nasabah baru bisa melakukan proses pencetakan emas terlebih dahulu. Baru setelah emas pesanan kita sudah selesai dicetak, maka nasabah bisa langsung melakukan transaksi buyback tersebut.Saran pada penelitian selanjutnya diharapkan untuk memperhatikan produk lembaga keuangan syariah yang di teliti jika berhubungan dengan investasi haruslah umurnya lebih dari 2 tahun, di dalam kegiatan operasionalnya diharapkan pihak Pegadaian Syariah lebih memberikan informasi ke nasabah terhadap akad apasaja yang akan di lakukan dan berpotensi di lakukan jika menggunakan produk tabungan emas maupun melakukan transaksi buyback di produk tabungan emas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Wahyu Aditya Anantawahyuadityaananta@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Muamalat Muamalah
Keywords: Buyback; Murabahah; Muwada'ah; Tauliyah; Sharf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Putra Wahyu Aditya Ananta
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:16
Last Modified: 09 Feb 2018 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22553

Actions (login required)

View Item View Item