Pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap pendapatan UMKM nasabah di BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Alfiana Muzdalifatul (2018) Pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap pendapatan UMKM nasabah di BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiana Muzdalifatul Azizah_C94213170.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Terhadap Pendapatan UMKM Nasabah Di BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik” ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap pendapatan UMKM nasabah di BMT Nurul Jannah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah accidental sampling. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dari Taro Yamane atau Slovin dengan rumus n = N/Nd²+1 yang menghasilkan 98 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh Y = 4,482 + 0,254X + e. Hal tersebut menunjukkan nilai koefisien regresi X sebesar 0,254, untuk variabel pembiayaan mudharabah adalah positif terhadap pendapatan UMKM nasabah. Dengan demikian jika pembiayaan mudharabah naik satu satuan, maka pendapatan akan naik sebesar 0,254 dengan asumsi variabel lain dalam keadaan tetap atau konstan. Pada perhitungan koefisien determinasi, pembiayaan mudharabah berpengaruh sebesar 61,4% terhadap pendapatan UMKM nasabah. Sedangkan sisanya dengan jumlah sebesar 38,6% dipengaruhi oleh variabel lain selain pembiayaan mudharabah yang tidak diteliti dalam penelitian. BMT Nurul Jannah diharapkan terus mempertahankan produk pembiayaan mudharabah berdasarkan operasional syariah dalam Lembaga Keuangan Syariah di masa mendatang, sebab selain sebagai pembeda dengan Lembaga Keuangan Konvensional juga menjadi opsi masyarakat untuk menjadi calon nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Alfiana Muzdalifatulalmuzaz93@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Mudarabah
Ekonomi Islam
Keywords: pembiayaan mudharabah; pendapatan; UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Azizah Alfiana Muzdalifatul
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:25
Last Modified: 09 Feb 2018 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22554

Actions (login required)

View Item View Item