Pesan moral dalam ayat-ayat qital: studi penafsiran surat al-Baqarah ayat 190-193 dan surat al-hajj ayat 39-40 dengan pendekatan asbab nuzul

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasbulah, Arif (2018) Pesan moral dalam ayat-ayat qital: studi penafsiran surat al-Baqarah ayat 190-193 dan surat al-hajj ayat 39-40 dengan pendekatan asbab nuzul. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Arif Chasbullah_E83211111.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini membahas tentang pesan moral dalam ayat-ayat Qital. Dalam dekade terakhir ini, praktik radikalisme agama mengalami eskalasi yang cukup signifikan. Secara umum penyebab radikalisme dalam agama dapat dikategorikan menjadi dua faktor, internal dan eksternal. Secara internal kitab al-Qur’an memang memiliki dhu wujuh, multi-intrepretasi. Sedang secara eksternal bisa saja munculnya radikalsme disebabkan faktor ekonomi, sosial maupun politik. Namun kebanyakan sarjana Barat menilai, secara internal Islam memang mengajarkan radikalisme dalam bentuk jihad offensif terhadap non-Muslim. Sebagai langkah awal meluruskan pemahaman jihad maka diperlukan metodologi yang komprehensif dalam memahami teks al-Qur’an dan Hadits, yakni dengan mempertimbangkan aspek asbab an-nuzul (sosio historical background) dan menggunakan analisa linguistik. Kemudian diperlukan pengetahuan penafsiran-penafsiran para mufassir klasik maupun kontemporer dalam menafsiri ayat-ayat qital. Fokus kajian skripsi ini adalah bagaimanakah pesan moral dalam ayat-ayat Qital ditinjau dari aspek historis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasbulah, Arifarifbunyip@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: jihad; qital; radikalisme; tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Chasbullah Arif
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:28
Last Modified: 09 Feb 2018 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22566

Actions (login required)

View Item View Item