Akhlak tasawuf dalam meningkatkan kecerdasan ruhaniah pada murid TPQ Hidayatussalam Keboguyang-Jabon-Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanum, Siti Latifa (2018) Akhlak tasawuf dalam meningkatkan kecerdasan ruhaniah pada murid TPQ Hidayatussalam Keboguyang-Jabon-Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Latifa Hanum_E01213077.pdf

Download (18MB)

Abstract

Studi ini mengkaji tentang Pendidikan Akhlak Tasawuf dalam Meningkatkan Kecerdasan Ruhaniah pada Murid di TPQ Hidayatussalam Keboguyang-Jabon. Pendidikan akhlak tasawuf yang dikaji difokuskan pada akhlak tasawuf dan kecerdasan ruhaniah. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Adapun tentang metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teori yang dipakai adalah teori konsep akhlak tasawuf dalam meningkatkan kecerdasan ruhaniah. Metode yang digunakan dalam meningkatkan kecerdasan ruhaniah adalah dengan mengajarkan materi akhlak tasawuf kepada murid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akhlak tasawuf harus diajarkan kepada murid sejak usia dini, supaya mereka mengetahui berakhlak yang baik kepada teman, orang tua, guru, lingkungan dan Allah SWT. Akhlak tasawuf sangatlah penting untuk menunjang pendidikan murid supaya mereka memiliki kecerdasan spiritual atau kecerdasan ruhaniah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanum, Siti Latifahanumlatifa72@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tasawuf
Keywords: Akhlak Tasawuf; Kecerdasan Ruhaniah; Murid TPQ Hidayatussalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Hanum Siti Latifa
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:44
Last Modified: 09 Feb 2018 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22568

Actions (login required)

View Item View Item