Pengembangan instrumen asesmen diagnostik untuk melihat pemahaman konsep aljabar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmah, Dinda Yunita (2018) Pengembangan instrumen asesmen diagnostik untuk melihat pemahaman konsep aljabar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dinda Yunita Rachmah_D74213056.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aljabar merupakan salah satu materi penting dalam matematika. Aljabar merupakan bahasa simbol, sehingga dalam mempelajarinya siswa harus memiliki pemahaman konseptual. Namun, banyaknya simbol yang digunakan dalam aljabar seringkali menyulitkan siswa dalam memahami konsep aljabar, sehingga dapat mempengaruhi pola pikir siswa ketika mengkonstruk berbagai hal mengenai aljabar. Hal ini sering mengakibatkan miskonsepsi dikalangan siswa. Hal ini perlu dilakukan identifikasi miskonsepsi dengan menggunakan instrumen asesmen diagnostik. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan: (1) menghasilkan proses pengembangan instrumen diagnostik pilihan ganda untuk melihat pemahaman konsep aljabar yang dikembangkan; (2) mengetahui validitas isi instrumen asesmen diagnostik pilihan ganda untuk melihat pemahaman konsep aljabar; (3) mengetahui jenis miskonsepsi yang terjadi pada siswa dalam materi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Tahapan penelitian dan pengembangan ini meliputi: (1) identifikasi KD dan Indikator; (2) menyusun learning continuum; (3) menyusun hierarki materi; (4) merumuskan atribut dan matriks Q; (5) konstruksi soal; (6) uji validitas isi; (7) pola respon jawaban siswa (penyusunan distraktor); (8) aplikasi produk (uji coba lapangan), dan (9) temuan miskonsepsi. Subjek penelitian ini adalah 63 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sidoarjo dan SMP Negeri 1 Tulangan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) terdapat hal unik yang membedakan tahapan pengembangan asesmen diagnostik ini dengan tahapan asesmen lainnya, yakni saat proses menyusun learning continuum, penggunaan matriks Q, dan penentuan pola respon jawaban (uji empirik); (2) validitas isi dari instrumen asesmen diagnostik menghasilkan 12 item butir soal. Terdapat 1 item yang diubah karena tingkat kesukaran soal terlalu sulit jika digunakan dalam tes diganostik; dan (3) secara umum siswa mengalami miskonsepsi pada indikator operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, operasi hitung campuran bilangan bulat, dan menyederhanakan pecahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmah, Dinda Yunitadindarachmah92@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Asesmen Diagnostik; Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rachmah Dinda Yunita
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:05
Last Modified: 12 Feb 2018 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22590

Actions (login required)

View Item View Item