Interpretasi khalayak terhadap gaya hidup digital di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijaya, Purnama Surya (2018) Interpretasi khalayak terhadap gaya hidup digital di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Purnama Surya Wijaya_B06213040.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Saat ini pengguna aplikasi GO-JEK sangat digemari di kalangan pemuda. Euforia ojek online GO-JEK ini sudah tidak lagi menjadi tren dikalangan anak muda, bahkan menjadi gaya hidup. Bagaimana pemahan dan pemaknaan khalayak mengenai gaya hidup digital atau e-lifestyle terhadap penggunaan aplikasi GO-JEK menjadi rumusan masalah penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan model reception analysis. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi lebih dalam bagaimana interpretasi pemuda karang taruna RW 06 Kelurahan Pacar Keling Surabaya terhadap gaya hidup digital (e-lifestyle) dalam penggunaan aplikasi GO-JEK. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Encoding and Decoding Stuart Hall. Teori ini juga digunakan untuk mengklasifikasikan posisi informan dalam menanggapi e-lifestyle dalam penggunaan aplikasi GO-JEK. Hasil peneletian ini adalah, Pertama, pemahaman e-lifestyle dalam penggunaan aplikasi GO-JEK bagi Pemuda RW 06 Kelurahan Pacar Keling yakni sebagai kebutuhan hidup, perilaku kekinian, dan gaya hidup konsumtif. Kedua, pemaknaan e-lifestyle dalam penggunaan aplikasi GO-JEK bagi pemuda RW 06 Kelurahan Pacar Keling adalah gaya hidup masa kini dan pemenuhan kebutuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijaya, Purnama Suryapurnamanology@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Masyarakat
Keywords: Reception Analysis; E-lifestyle; Pengguna Aplikasi GO-JEK; Encoding Decoding
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Wijaya Purnama Surya
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:31
Last Modified: 12 Feb 2018 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22624

Actions (login required)

View Item View Item