Komunikasi pendidikan dalam pembelajaran bahasa Inggris di lembaga kursus Phinisi course Pare Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tahir, Aswar (2018) Komunikasi pendidikan dalam pembelajaran bahasa Inggris di lembaga kursus Phinisi course Pare Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aswar Tahir_B76213060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi pendidikan merupakan suatu tindakan yang memberikan kontribusi yang sangat penting dalam pemahaman dan praktik interaksi serta tindakan seluruh individu yang terlibat dalam dunia pendidikan. Proses komunikasinya ialah pengajar sebagai komunikator, peserta didik sebagai komunikan, sedangkan pesan yang akan disampaikan adalah materi yang akan diajarkan. Komuniksi yang digunakan dalam pembelajaran ini guna dalam rangka mengefektifkan proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Penelitian ini ingin memahami dan mendiskripsikan proses komunikasi pendidikan dalam pembelajaran bahasa Inggris di lembaga kursus Phinisi Course dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat komunikasi pendidikan dalam pembelajaran bahasa Ingris di lembaga kursus Phinisi Course. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus alasan digunakan pendekatan ini karena studi kasus merupakan fenomena khusus yang hadir dalam suatu konteks yang terbatasi, meski batas-batas antar fenomena dan konteks tidak sepenuhnya jelas. Kasus itu berupa individu , peran, kelompok kecil, organisasi, komunitas, atau bahkan suatu bangsa. Kasus dapat pula keputusan, kebijakan, proses, atau suatu peristiwa khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Peneltian kualtatif ialah penelitian yang menghasilkan data deskriptif, berupa kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati melalui wawancara dan observasi guna mendapatkan informasi dan data penelitian yang dibutuhkan. Dari hasil penelitian ini, bahwa komunikasi pendidikan yang digunakan pengajar lembaga kursus Phinisi Course adalah komunikasi secara verbal, komunikasi non verbal, komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode demonstrasi, dan metode bermain. Adapun factor penghambat dari komunikasi pendidikan yang terjadi pada komunikator ialah hambatan pada komunikator atau pengajar ialah penggunaaan bahasa yang kurang dipahami oleh peserta didik, sedangkan hambatan pada saluran ialah kurang media pendukung dalam menyampiakn materi pembelajaran selain itu hambatan pada komunikan atau peserta didik yaitu merasa bosan dan kurang antusias karena kurang semangat dalam menerima materi pelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tahir, Aswaraswartahir@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Inggris
Komunikasi
Pendidikan
Keywords: Komunikasi pendidikan; pembelajaran; bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tahir Aswar
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:58
Last Modified: 12 Feb 2018 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22627

Actions (login required)

View Item View Item