Ekplorasi pesan-pesan moral Surat al Ma'un dalam teori Double Movement

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asrifaen, Muhammad Ali (2018) Ekplorasi pesan-pesan moral Surat al Ma'un dalam teori Double Movement. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Ali Asrifaen_E03213059.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tujuan utama Alqur’an yaitu membangun masyarakat moral yang adil. Alqur’an surat al-Ma’un apabila di lihat dari teks ayatnya maka akan ditemukan kandungan moral yang universal untuk perbaikan prilaku manusia kepada Allah swt dan kesesama manusia. Kemudian, untuk menemukan pesan-pesan moral universal yang lainnya membutuhkan teori penafsiran yang sesuai dengan kondisi saat ini. Maka teori double movement yang digagas Fazlur Rahman dalam hal ini akan digunakan sebagai pendekatan utama untuk mencari implementasi pesan-pesan moral surat al-Ma’un dengan rumusan masalah sebagai berikut; Apa saja kandungan moral dalam surat al-Ma’un dan bagaimana implementsi pesan-pesan moral surat al-Ma’un dalam teori double movement. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif yang mana dalam penyajiannya menggunakan teknik deskriptif-analisis. Penelitian ini berobjek pada surat al-Ma’un dan teori double movement yang digunakan Fazlur Rahman dalam menafsirkan Alqur’an sebagai pendekatannya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik library research yakni berupa buku tafsir, buku Fazlur Rahman dan buku-buku yang memiliki korelasi dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini, yaitu; Pertama, kandungan moral surat al-Ma’un adalah (1). Kesadaran Moral (2). Sikap Moral Empati (3). Nilai Moral Kejujuran. Kedua, pesan-pesan moral surat al-Ma’un dalam teori double movement antara lain: (1). Berislam dengan Keseluruhan (2). Prinsip Moral yang mencangkup, humanitarianisme, egalitarianism, keadilan sosial dan ekonomi, kebajikan dan solidaritas. (3) Prinsip Moralitas Bermasyarakat, yang mencangkup, memelihara dan pengayoman anak yatim, menyantuni dan menyayangi anak yatim, memperhatikan nasib orang-orang miskin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asrifaen, Muhammad Alilombokasrifaen@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Etika
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Surat al Ma’un; Double Movement
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Asrifaen Muhammad Ali
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:37
Last Modified: 12 Feb 2018 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22631

Actions (login required)

View Item View Item