Israiliyyat dalam Tafsir Mahasin al-Ta'wil karya Jamaluddin al-Qasimi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusron, Rega Hadi (2018) Israiliyyat dalam Tafsir Mahasin al-Ta'wil karya Jamaluddin al-Qasimi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rega Hadi Yusron_E73214036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Israiliyat merupakan salah satu bagian dari kajian tafsir yang tidak habis diperbincangkan mulai dari zaman klasik sampai hari ini. Perbedaan pandangan ulama terhadap Israiliyat umumnya terbagi menjadi dua, ada yang menolak keseluruhan dan ada yang menerima dengan mempertimbangkan kualitas riwayat tersebut. keduanya memiliki dasar yang kuat baik dalam al-Qur’an, hadis atau qaul-qaul Sahabat. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian tentang Israiliyat dalam Tafsir Mahasin al-Ta’wil karya Muhammad Jamaluddin al-Qasimi. Tafsir ini menarik untuk diteliti karena Tafsir ini tergolong tafsir yang bercorak ‘ilmi, artinya dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an, al-Qasimi mengunakan data-data ilmiah dan tafsir yang mengedepankan rasionalitas. Namun disatu sisi ia menggunakan riwayat-riwayat Israiliyyat. Dimana tidak semua Israiliyyat sesuai dengan rasio atau akal sehat. Apakah dalam penggunaan Israiliyat terdapat riwayat yang imajinatif, atau bahkan dengan riwayat yang lemah. Pada kesimpulan Pembahasan, tidak semua riwayat dalam tafsir Al-Qasimi adalah sahih dan sesuai dengan akal sehat, ada beberapa riwayat yang Maskut alaih atau didiamkan, artinya tidak dapat dibenarkan juga tidak dapat didustakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusron, Rega Hadiregahadiyusron@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Cerita dalam Al Qur'an
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Israiliyyat; Tafsir Mahasin al-Ta'wil; Jamaluddin al-Qasimi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Yusron Rega Hadi
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:06
Last Modified: 12 Feb 2018 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22649

Actions (login required)

View Item View Item