Penerapan cognitive disputation untuk membantu adaptasi diri terhadap lingkungan rehabilitasi: studi kasus seorang pecandu narkoba di Plato Foundation Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afriza, Khairina (2018) Penerapan cognitive disputation untuk membantu adaptasi diri terhadap lingkungan rehabilitasi: studi kasus seorang pecandu narkoba di Plato Foundation Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khairina Afriza_B53214020.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah,1) Bagaimana proses Penerapan Cognitive Disputation untuk membantu adaptasi diri terhadap lingkungan rehabilitasi: studi kasus seorang pecandu narkoba di Plato Foundation Surabaya? 2) Bagaimana hasil Penerapan Cognitive Disputation untuk membantu adaptasi diri terhadap lingkungan rehabilitasi: studi kasus seorang pecandu narkoba di Plato Foundation Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan analisa studi kasus. Analisis dilakukan berdasarkan wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan melalui salah satu pengembangan dari Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy. Teknik Cognitive Disputation diberikan untuk memusatkan perhatian pada upaya mengidentifikasi dan mengubah pikiran-pikiran atau pernyataan-pernyataan diri negatif serta keyakinan-keyakinan yang tidak rasional menjadi rasional. Proses penerapan teknik dengan Cognitive Disputation untuk seorang pecandu narkoba yang mempunyai adaptasi diri yang rendah terhadap lingkungan rehabilitasi, yang dilakukan konselor dengan konseli adalah mengajarkan kepada konseli bagaimana cara berpikir rasional dan menghilangkan pikiran-pikiran negatif ketika pikiran negatif muncul kembali. Disini konselor menunjuk konselor di rehabilitasi sebagai pemberi nasehat kepada konseli agar menjadi pribadi yang lebih baik dan berhenti berpikir negatif. Hasil akhir dari proses konseling terhadap konseli dalam penelitian ini tergolong berhasil dengan perubahan yang terjadi pada diri konseli. Hasil ini dapat dilihat dari konseli sudah mempunyai rencana untuk bisa memperbaiki diri, memandang dirinya mampu menyelesaikan masalahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afriza, Khairinakhairinaafriza06@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Narkotika
Keywords: Cognitive disputation; Adaptasi diri; Rehabilitasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Afriza Khairina
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:50
Last Modified: 12 Feb 2018 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22684

Actions (login required)

View Item View Item