Profil kemampuan berpikir divergen siswa dalam menyelesaikan masalah open ended

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Ulul (2018) Profil kemampuan berpikir divergen siswa dalam menyelesaikan masalah open ended. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ulul Faizah_D04213033.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir divergen dalam menyelesaikan masalah open ended. Komponen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen siswa ada 4 komponen, antara lain: fluency, flexibility, orginality, dan elaboration. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMPN 4 Waru Sidoarjo kelas VIII semester 1 tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini sebanyak 4 orang dan diambil berdasarkan tes kemampuan awal. Data penelitian ini berupa profil kemampuan berpikir divergen dalam menyelesaikan masalah open ended, dengan sumber data berasal dari tes kemampuan berpikir divergen dan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Instrumen penelitian ini yaitu lembar tes kemampuan awal, lembar tes kemampuan berpikir divergen, dan lembar pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa profil kemampuan berpikir divergen dalam menyelesaikan masalah open ended adalah sebagai berikut : untuk komponen fluency sudah terlihat muncul pada keempat subjek karena subjek sudah mampu mengemukakan gagasan ide dengan lancar, untuk komponen flexibility subjek masih dikatakan belum dapat memunculkannya karena 2 dari keempat subjek masih belum dapat menyelesaikan masalah dengan melihat dari sudut pandang lain dan mengubah cara pendekatannya, untuk komponen originality subjek juga belum dapat memunculkannya karena 3 dari keempat subjek masih belum dapat mengemukakan gagasan atau cara yang baru dan unik, dan untuk komponen elaboration sudah dapat dikatakan mulai muncul pada keempat subjek karena keempat subjek dapat menuangkan masalah dalam sebuah gambar dan menambahkan beberapa detail pada alternatif jawaban serta siswa dapat membuat implikasi dari informasi-informasi yang telah tersedia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Ululululfaizah169@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan; berpikir divergen; open ended
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Faizah Ulul
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:15
Last Modified: 12 Feb 2018 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22693

Actions (login required)

View Item View Item