Pengembangan Modul Mind Map untuk mencegah Sibling Rivarly di Kecamatan Sumbermalang Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Antika Wahyu (2018) Pengembangan Modul Mind Map untuk mencegah Sibling Rivarly di Kecamatan Sumbermalang Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Antika Wahyu Kurniawati_B73214045.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada (1) Bagaimanakah proses pembuatan modul untuk mencegah sibling rivalry anak kembar di kecamatan Sumbermalang Situbondo?, (2) Bagaimanakah pemanfaatan modul untuk mencegah sibling rivalry anak kembar di kecamatan Sumbermalang Situbondo? Pada fokus yang dipaparkan diatas peneliti menggunakan metode Resech And Development untuk dapat memberikan perlakuan preventif terjadinya sibling rivalry anak kembar dengan analisa kualitatif deskriptif. Pembuatan modul ini ditujukan kepada orangtua anak kembar untuk pencegahan terjadinya sibling rivalry. Untuk pencegahan terjadinya sibling rivalry pada anak kembar ini, hal yang perlu diperhatikan pleh orangtua adalah tentang penguatan pemahaman diri (Self Acceptance) pada masing-masing anak. Serta pentingnya orangtua untuk mengetahui arti fitrah seorang anak dalam islam. Dengan pemahaman dua hal mendasar itu bisa menjadi salah satu hal untuk mencegah terjadinya sibling rivalry pada anak kembar. Dalam menganalisis yang berupa pencegahan, peneliti memaparkan data tentang hasil respon orangtua sebelum dan sesudah menerima modul tersebut. Dari data yang diperoleh, 3 (tiga) orangtua dari anak kembar memberikan respon yang baik dari hasil modul prevenif terhadap sibling rivalry anak kembar. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini berupa modul mini yang berisi panduan pembuatan media serta beberapa materi tentang kepribadian anak. Adanya modul untuk mencegah terjadinya sibling rivalry anak kembar dapat dikatakan bermanfaat untuk pencegahan karena melihat hasil uji coba dan tanggapan yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Antika Wahyuantikawahyukurnia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Modul preventif; Sibling Rivarly; anak kembar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kurniawati Antika Wahyu
Date Deposited: 12 Feb 2018 05:01
Last Modified: 12 Feb 2018 05:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22694

Actions (login required)

View Item View Item