Terma sesat dalam al-qur'an dan kontekstualisasinya terhadap jama'ah tabligh di Desa Jatirembe Gresik Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Hanim (2018) Terma sesat dalam al-qur'an dan kontekstualisasinya terhadap jama'ah tabligh di Desa Jatirembe Gresik Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanim Rohmah_E03213035.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis mencoba untuk mengangkat permasalahan yang berhubungan di masyarakat tepatnya di desa Jatirembe Gresik, tentang Studi Kasus Jama’ah Tabligh di Desa Jatirembe Gresik Jawa Timur, yang mana anggapan di masyarakat tersebut bahwa jamaah tabligh menyesatkan atau tidak. Dengan adanya skripsi ini, penulis akan menjelaskan dan meluruskan kesalahpahaman masyarakat. Metode penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang mengumpulkan data melalui observasi, wawancara. Di Desa Jatirembe Gresik, ada suatu kumpulan orang yang dinamakan Jama’ah tabligh, dimana kumpulan ini dianggap sesat oleh masyarakat dikarenakan terjadi suatu kesalahpahaman. Banyak di antara Masyarakat Jatirembe yang mengikuti kegiatan Jama’ah Tabligh ini. Namun Banyak juga di antara masyarakat Jatirembe yang menganggap bahwa kegiatan Jama’ah Tabligh adalah sesat. Jama’ah Tabligh ini dianggap sebagai aliran yang menyesatkan. hal ini sengaja Penulis angkat karena adanya beberapa orang yang salahpaham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dakwah Bi al-Lisan oleh Jama’ah tabligh, karena banyak respon yang negatif dan juga positif tentang Jama’ah tabligh dalam pandangan masyarakat. Karena kebutaan anggapan yang sebelumnya tanpa melalui identifikasi terlebih dahulu, sehingga terjadilah perselisihan dan kesalahpahaman mengenai apa dan bagaimana Jama’ah Tabligh yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan dakwah Bi al-Lisan oleh Jama’ah tabligh sesuai dengan sunnah Rasulullah dan tidak melenceng dari ajaran Islam, Jama’ah Tabligh itu bukan termasuk aliran sesat yang selama ini dibicarakan Masyarakat tersebut, karena Jama’ah Tabligh tidak menyimpang dari aqidah dan syari’at Islam. Dengan adanya Jama’ah tabligh masyarakat semakin gemar melakukan amal ibadah, solat berjama’ah semakin hari semakin hidup di masjid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Hanimrohmahhanim@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: terma sesat; perspektif; al-qur’an.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rohmah Hanim
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:20
Last Modified: 12 Feb 2018 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22698

Actions (login required)

View Item View Item