Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar Matematika mengacu pada taksonomi Marzano

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fortuna, Wandyah Ariesta Dewi (2018) Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar Matematika mengacu pada taksonomi Marzano. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Wandyah Dewi Fortuna Ariesta_D04213034.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Evaluasi diperlukan dalam setiap proses suatu kegiatan, termasuk proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bagian utama yang menjadi dasar evaluasi secara keseluruhan adalah evaluasi hasil belajar. Proses evaluasi hasil belajar diperlukan adanya alat/instrumen evaluasi, yaitu alat yang digunakan untuk mempermudah proses evaluasi. Salah satu alat/instrumen yang dapat digunakan adalah tes tertulis. Tes tertulis yang dimaksud dalam penelitian ini adalah soalsoal matematika. Soal-soal yang dirancang haruslah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Tujuan pembelajaran diklasifikasikan menjadi sebuah taksonomi. Salah satu taksonomi yang dapat digunakan adalah taksonomi Marzano. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses, kevalidan, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda soal matematika mengacu pada taksonomi Marzanao yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Thiagarajan. Soal yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah soal matematika mengacu pada taksonomi Marzano. Uji coba dilakukan pada 63 siswa kelas VII-A dan VII-B SMPN 3 Sidoarjo. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data proses penelitian, data validasi, dan data hasil tes. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil penelitian berikut: Soal matematika mengacu pada taksonomi Marzano yang dikembangkan menggunakan model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari 4D dan dimodifikasi oleh peneliti menjadi 3D, yakni: 1) tahap define (pendefinisian); 2) tahap design (perancangan); 3) tahap development (pengembangan). Selain itu, penelitian ini menghasilkan 12 soal yang valid menurut validasi isi dan konstruk. Sedangkan menurut validasi empiris menghasilkan 10 butir soal yang valid dan 2 soal yang tidak valid. Soal latihan matematika mengacu pada taksonomi Marzano yang dikembangkan memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,84 dan termasuk soal yang reliabel dengan kategori sangat tinggi (sangat baik). Selain itu, penelitian ini menghasilkan 3 soal yang memiliki kategori soal mudah, 7 soal yang memiliki kategori soal sedang, dan 2 soal yang memiliki kategori soal sulit. Selain itu soal-soal tersebut menghasilkan 2 soal yang memiliki daya pembeda dengan kategori sangat tidak memuaskan dan 10 soal yang memiliki kategori memuaskan. Sehingga dari kedua belas butir soal yang dikembangkan menghasilkan 10 soal diterima dan 2 soal ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fortuna, Wandyah Ariesta Dewiwandyahariesta@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Soal Matematika; taksonomi Marzano
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fortuna Wandyah Ariesta Dewi
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:25
Last Modified: 12 Feb 2018 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22727

Actions (login required)

View Item View Item