Implementasi model Turki Utsmani dalam menghafal al-Qur’an di Yayasan Tahfidz Qur’an Sulaimaniyah Jatim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusumawati, Hervina (2018) Implementasi model Turki Utsmani dalam menghafal al-Qur’an di Yayasan Tahfidz Qur’an Sulaimaniyah Jatim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hervina Kusumawati_D01214004.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dengan judul Implementasi Model Turki Utsmani Dalam Menghafal Al-Qur’an di Yayasan Tahfidz Qur’an Sulaimaniyah Jatim. Dalam skripsi ini ada tiga hal yang dibahas yaitu: (1) Apa Model turki ustmani itu? (2) Bagaimana implementasi Model turki utsmani dalam menghafal Al-Qur’an di Yayasan Tahfidz Qur’an Sulaimaniyah? (3) Bagaimana keberhasilan Model turki utsmani dalam menghafal Al-Qur’an di Yayasan Tahfidz Qur’an Sulaimaniyah? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian berdasarkan tempatnya adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah untuk mencari peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Model turki ustmani adalah Model urut mundur, yang memulai menghafal Al-Qur’an dari halaman terakhir tiap juz. (2) Implementasi Model turki utsmani di Yayasan Tahfidz Qur’an Sulaimaniyah berjalan sesuai prosedur yang telah ditetapkan yaitu menempuh dua tahapan. Tahap pertama, persiapan menghafal Al-Qur’an. Tahap kedua, mulai menghafal Al-Qur’an (3) Keberhasilan Model turki utsmani dalam menghafal Al-Qur’an di Yayasan Tahfidz Qur’an Sulaimaniyah terbilang bagus. Semua santri dapat menghafal Al-Qur’an melampaui target yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusumawati, Hervinahervina.hk@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hafalan
Pendidikan > Metode
Keywords: Menghafal Al-Qur'an, Model Turki Utsmani
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kusumawati Hervina
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:08
Last Modified: 12 Feb 2018 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22732

Actions (login required)

View Item View Item