Bimbingan dan konseling Islam dengan Emotion Focused Coping dalam menangani kesulitan penyesuaian diri seorang istri di Jemur Wonosari Gang Lebar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handiniy, Qothrul Nada Afri (2018) Bimbingan dan konseling Islam dengan Emotion Focused Coping dalam menangani kesulitan penyesuaian diri seorang istri di Jemur Wonosari Gang Lebar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Qothrul Nada Afri Handiniy_B93214088.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses bimbingan dan konseling islam dengan emotion focused coping dalam menangani kesulitan penyesuaian diri seorang istri di Jemur Wonosari Gang Lebar Surabaya? (2) Bagaimana hasil akhir proses bimbingan dan konseling islam dengan emotion focused coping dalam menangani kesulitan penyesuaian diri seorang istri yang di Jemur Wonosari Gang Lebar Surabaya? Untuk membahas permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif mengupas studi kasus warga di Jemur Wonosari Gang Lebar Surabaya. Penelitian ini menggunakan emotion focused coping dengan melakukan relaksasi, merajut, dan mempertemukan suami, istri, dan ibu mertua ke dalam satu ruangan. Analisa data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan sebelum dan sesudah proses konseling. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) dalam penelitian ini proses konseling yang terjadi menggunakan emotion focused coping, dengan pendekatan ini konseli diharapkan dapat mengontrol emosinya dan menyalurkannya ke hal-hal yang positif. Adapun langkah-langkahnya yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi dengan emotion focused coping yaitu mencari dukungan sosial secara emosional, reinterpretasi positif, penerimaan diri, mengarahkan rasa emosional konseli ke hal-hal yang positif seperti dengan merajut (penyangkalan), dan kembali kepada ajaran agama, serta mempertemukan suami, istri, dan ibu mertua ke dalam satu ruangan guna terciptanya komunikasi yang baik diantara mereka sehingga istri dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan keluarga suami. (2) Hasil akhir dari proses bimbingan dan konseling islam dengan emotion focused coping dalam penelitian ini cukup berhasil, yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap dan perilaku konseli yang sebelumnya selalu memarahi anaknya tanpa alasan yang jelas sekarang konseli menjadi ibu yang sabar, pandai mengurus anak, dan pandai merajut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handiniy, Qothrul Nada Afridininagcliquers@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Emotion Focused Coping; penyesuaian diri seorang istri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Handiniy Qothrul Nada Afri
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:49
Last Modified: 13 Feb 2018 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22736

Actions (login required)

View Item View Item